Sebagai Putri Ulama Kondang, Apa Sikap Najwa Shihab soal Jilbab?

Najwa Shihab


Islampena | Menjadi seorang ulama dan cendekiawan muslim ternama, tak lantas membuat Quraish Shihab memaksa anak-anaknya untuk mengikuti jejaknya. Sebaliknya, Quraish dikenal sangat moderat dan membebaskan anak-anaknya menjalani kehidupan yang mereka yakini.

Hal ini salah satunya terlihat dari sikap Quraish yang tidak mengharuskan anak-anak perempuannya mengenakan jilbab atau hijab.

Soal hijab, Quraish Shihab mengaku sering dihujani pertanyaan dan bahkan disalahkan karena beberapa anaknya tak mengenakan hijab. Namun, Quraish memiliki pendapat sendiri tentang jilbab. 

Dalam buku Cahaya, Cinta dan Canda M Quraish Shihab yang diterbitkan Lentera Hati pada 2015, Quraish mengatakan, "Sampai saat ini saya tidak punya pendapat soal jilbab. Itulah pendapat saya."

Pernyataan Quraish ini mengacu pada masih terbelahnya pendapat para ulama terdahulu maupun kontemporer soal jilbab. Juga karena adanya perbedaan pendapat soal batasan aurat.

Sikap Quraish yang tak mewajibkan jilbab ini pun membuat sebagian putrinya memilih tak mengenakan jilbab atau hijab. Salah satunya pembawa acara kondang, Najwa Shihab.

Putri kedua Quraish Shihab ini mengaku sudah sering ditanyakan soal jilbab. Bahkan ia sudah punya jurus untuk menjawab pertanyaan ini, yakni dengan senyum atau canda.

"Insyaallah, mudah-mudahan suatu saat. Yang pasti hatinya berjilbab kok," kata Najwa seperti ditulis Mauluddin Anwar, Latief Siregar, dan Hadi Mustofa dalam buku Cahaya, Cinta dan Canda M Quraish Shihab.

Pembawa acara Mata Najwa ini mengaku kagum pada perempuan yang mengenakan jilbab dan menutup auratnya hingga nyaris seluruh bagian tubuh.

"Tapi sampai saat ini, saya tidak merasa ada kewajiban atau beban untuk berjilbab, sejauh saya bisa menjalankan kewajiban saya sebagai muslimah. Tak masalah berjilbab atau tidak," ujar Najwa yang pada Selasa 8 Agustus 2017 mengumumkan mundur dari Metro TV, setelah berkarier selama 17 tahun.

Najwa mengakui, keputusannya "belum berjilbab" bisa memunculkan kesan negatif buat ayahnya, yang dikenal sebagai ahli tafsir dan ulama.

"Sebagian orang memang sudah tahu bahwa Abi (Quraish Shihab) berpendapat jilbab tidak wajib. Tapi sebagian yang belum tahu, suka berkomentar 'anak ulama kok tidak berjilbab'. Jadi Abi yang kena imbasnya, bukan Nana kena imbas pendapat Abi," demikian pengakuan Najwa.

Meski tak mewajibkan anaknya mengenakan jilbab, dalam bukunya, Quraish mengatakan, "Orang menyalahkan saya, kok anaknya tidak disuruh pakai jilbab? Ketika Elaa (putri pertama Quraish Shihab) berjilbab, mereka bilang, masih tiga anak nih yang belum berjilbab. Insyaallah suatu saat. Nana (Najwa) kira-kira umur 48 tahun dia sudah berjilbab," kata Quraish tersenyum, sambil melirik Najwa.



Sumber
loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==