Mahasiswa Indonesia Menangkan Schweighofer Prize 2017 di Austria

Mahasiswa Indonesia Menangkan Schweighofer Prize 2017 di Austria (foto: Istimewa)


Mahasiswa News | Mahasiswa Indonesia kembali meraih prestasi internasional. Kali ini penghargaan itu diraih oleh Achmad Solikhin, seorang mahasiswa di Institut Pertanian Bogor (IPB) yang berhasil memenangkan Student Award of Schweighofer Prize 2017 di Austria.

Mahasiswa Fakultas Kehutanan IPB tersebut memenangkan penghargaan bergengsi di Eropa dalam sektor kehutanan. Ajang internasional tersebut melibatkan inovator muda dunia, mahasiswa, dan pengusahan kehutanan di 44 negara dan 36 universitas di seluruh dunia.

Achmad mengaku, awalnya ia merasa minder mengikuti kompetisi ini. Pasalnya, saingannya merupakan inovator muda, pengusaha, dan mahasiswa dari berbagai universitas ternama di dunia seperti ETH Zurich, Pennsylvania, Universitas British Columbia, Universitas Tokyo, dan Universitas Toronto.

Dalam kompetisi tersebut, mahasiswa program studi doktor tersebut mengenalkan inovasi kayu superhydrophobic, seperti teratai dan talas. Dalam penelitiannya ia mencoba menguatkan kayu dengan proses impreganansi menggunakan bahan nano.

"Alhamdulillah, inovasi ini dianggap dapat diterapkan secara ilmiah untuk industri kehutanan dunia di masa depan oleh ahli sekaligus juri asal Eropa," kisah Achmad seperti dilansir dari laman IPB, Rabu (5/7/2017).

Ide tersebut, ungkap Achmad tercetus mengingat kondisi kayu di Indonesia yang pertumbuhannya cepat dan memiliki sifat inferior. Dari sini, kata dia, kayu perlu diperkuat dengan menggunakan nanoteknologi. Menurutnya, sebagai mahasiswa kehutanan, ilmu penggabungan antara inovasi, ilmu pengetahuan, dan teknologi sangatlah penting.

"Sebagai mahasiswa kehutanan, hutan perlu dikelola dan dilestarikan untuk tujuan altruistik, di samping isu perubahan iklim," tandasnya. (sus)
loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==