Ini, Dasar Pelaporan Kaesang Jokowi

Kaesang Pangarep (Screenshot IG Kaesang)



Mahasiswa News | Muhammad Hidayat Situmorang melaporkan Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Polresta Bekasi. Menurut Hidayat, ada pernyataan Kaesang yang bermuatan ujaran kebencian.

"Saya melakukan pelaporan sebagai bentuk kepedulian sebagai warga negara dan ingin berkontribusi kebaikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, khususnya terkait penegakan hukum yang berkeadilan," kata Muhammad di kediamannya, Jalan Palem V,  Jakasampurna, Bekasi Barat, Rabu 5 Juli 2017.

Pada 27 Mei, Kaesang mengunduh video dirinya berdurasi lebih dari dua menit di YouTube berjudul #BapakMintaProyek. "Emangnya masih zaman minta proyek sama orangtua yang di pemerintahan? Dasar ndeso," kata Kaesang di video itu.

Kaesang mengulang pernyataan itu, namun menyensor kata ndeso agar lebih sopan. Menurut Kaesang, masyarakat harus kerja sama untuk membangun Indonesia yang lebih baik, bukan menjelek-jelekan, mengadu domba, dan mengkafir-kafirkan orang lain.

"Apalagi ada kemarin yang enggak mau mensalatkan, padahal sesama muslim, karena cuma perbedaan dalam memilih pemimpin, apaan coba? Dasar ... (sensor)," ujar Kaesang.

Menurut Hidayat, sebutan ndeso sebagai bentuk ujaran kebencian dan merendahkan masyarakat desa.

"Buat saya iya, ndeso itu golongan masyarakat, masyarakat desa. Kalau satu golongan masyarakat desa dikonotasikan rendah, mempersepsikannya menjadi negatif," ujar Hidayat.

Selain ndeso, Hidayat juga mempersoalkan pernyataan Kaesang terkait kafir. Kaesang dianggap menyimpang dari ajaran Islam dalam mendefinisikan kafir.

"Karena menurut sebenarnya, kafir itu hanya membedakan muslim dengan non-Islam. Muslim itu beriman pada Allah dan Nabi Muhammad, non muslim tidak. Saya menganggap Kaesang salah mengartikan kafir."

Dia berharap polisi menindaklanjuti laporannya terhadap Kaesang. Hidayat khawatir, status sebagai putra pengusa membuat Kaesang tak tersentuh hukum. "Itu tidak boleh terjadi," tegas Hidayat. (Detik)
loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==