Beasiswa dan Pendanaan Riset dari LPDP

Berangkat dari mimpi menjadi lembaga regional terbaik yang ingin mempersiapkan pemimpin masa depan Indonesia, hingga saat ini LPDP telah berdiri dan berkarya selama 5 tahun.




Mahasiswa News | Sebagai pengelola dana pendidikan dari negara, LPDP memiliki beragam program yang ditawarkan. Butuh dicatat, program-program ini terbuka untuk umum bukan sekedar untuk PNS saja.

LPDP menawarkan beberapa jenis beasiswa seperti: Beasiswa magister/ doktoral untuk universitas dalam dan luar negeri, beasiswa pendidikan Indonesia Dokter Spesialis, Beasiswa presiden Republik Indonesia, Beasiswa Afirmasi, Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia.

Seperti nama-namanya beberapa beasiswa dikhususkan untuk bidang tertentu seperti dosen dan dokter. Beasiswa Afirmasi diperuntukan bagi mereka yang berasal dari daerah perbatasan, seperti pulau-pulau terluar, daerah pedalaman atau mereka yang berasal dari daerah yang tertinggal dan memiliki indeks kemajuan pembangunan ekonomi serta sumber daya manusia di bawah rata-rata.

Beasiswa Presiden Republik Indonesia adalah beasiswa prestisius yng diberikan pada mereka yang mampu lolos di 50 universitas terbaik yang telah ditetapkan oleh LPDP. Beasiswa magister/ doktoral diperuntukan untuk siapa saja yang membutuhkan dan berhasil diterima di salah satu universitas yang ditentukan LPDP. Syarat satu-satunya, pelamar beasiswa magister maksimal berumur 35 tahun dan 40 tahun untuk doktoral.

Secara umum LPDP menanggung dana pendidikan seperti pendaftaran, SPP, uang buku, penelitian, seminar, publikasi jurnal dan wisuda. Selain itu dana non pendidikan seperti aplikasi visa, biaya hidup bulanan, asuransi kesehatan, transportasi, dana darurat. Kalaupun ada perbedaan untuk beasiswa presiden terletak pada dana untuk mengambil pelatihan singkat serta tambahan dana insentif untuk penelitian.

Pendaftaran dari beasiswa  LPDP ini dibuka sepanjang tahun, hanya jadwal seleksi dari masing-masing gelombang yang berbeda-beda. Untuk tahun ini seleksi kedua akan berlangsung pada tanggal 7 Juli mendatang, namun tak menutup kemungkinan untuk adanya seleksi lanjutan pada bulan Oktober nanti. Ada baiknya mendaftarkan diri, minimal 6 bulan dari tanggal dimulainya perkuliahan.

Selain beasiswa, LPDP juga menyediakan pendanaan riset yang dinamai bantuan dana riset inovatif-produktif (RISPRO). Bantuan riset ini berlaku untuk berbagai bidang yang bertujuan untuk mendorong inovasi produk dan meningkatkan daya saing bangsa.

Setiap riset yang berhasil bisa mendapatkan dana setiap tahun hingga maksimal 3 tahun berturut-turut. Bantuan dana riset ini dibagi dua kelompok besar; dana untuk bidang komersial seperti pangan, energi, kesahatan, transportasi dan komunikasi yang bisa mencapai setinggi-tingginya 2M rupiah; dana untuk bidang implementatif seperti tata kelola, eco-growth, sosial dan budaya yang bisa mencapai nilai 500 juta rupiah.

Syarat detil untuk masing-masing program bisa langsung di cek pada tautan berikut. http://www.lpdp.kemenkeu.go.id/
loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==