Media Pembelajaran 3D Ala Pokemon Ini Buat Anak-Anak Betah Belajar!

Ilustrasi: Google



Mahasiswa News | Kini media pembelajaran untuk Anak-anak tidak lagi harus monoton berbentuk buku dengan tulisan atau gambar 2D yang membosankan. IT Service Inkubator (INBIS) Universitas Negeri Malang membuat media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR), yang mana setiap obyek akan diproyeksikan menjadi real.

Bayangan real 3 dimensi ini diproyeksikan melalui kamera yang ada pada handphone, tablet maupun personal computer si pengguna. Sehingga dari kamera tersebut muncul proyeksi 3 dimensi yang merupakan penjelasan dari materi pembelajaran pilihan user.

“Jadi misal pilih ikan, ya nanti muncul ikan. Aplikasi ini mirip pokemon seperti itu lho,” ujar Dr. Eng. Muhamad Ashar S.T. M.T.

Tujuan Pembuatan Untuk Anak Jalanan dan Tidak Bersekolah

Sasaran dari pembuatan alat ini sendiri sebenarnya adalah untuk para anak jalanan maupun anak yang tidak bersekolah untuk menarik antusiasme mereka dalam belajar. Selain itu ia dan tim juga ingin mengenalkan teknologi dalam dunia pendidikan pada mereka agar pengetahuan mereka tidak ketinggalan.

“Kami membuat media Augmented Reality (AR) ini sebenarnya untuk anak jalanan tapi bisa juga untuk anak tidak sekolah. Agar menarik bisa interaksi dengan media pembelajaran,” tambah dia.

Materi yang ada dalam aplikasi berjudul Belajar Beratap Awan ini beragam, mulai dari matematika, menggambar, menulis, sains dan lain sebagainya.

“Materinya ada gambar tulis mat, dan sebagainya. Akan terus dikembangkan,” tukasnya.(ik)
loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==