Cari Kerja di Web Online? Perhatikan Hal Penting Ini

Foto: Shutterstock


Mahasiswa News | MENDAPATKAN pekerjaaan yang baik merupakan salah satu tujuan kita. Langkah pertama untuk mendapatkan pekerjaan kita harus melamar pekerjaan tersebut. Kita dapat melamar pekerjaan di berbagai media seperti media cetak, media elektronik, dan media online. Media online yang menyediakan berbagai macam pekerjaan dikenal dengan nama job portal.

Mencari pekerjaan di job portal sangat cocok bagi masyarakat kota yang memiliki kepadatan aktivitas yang tinggi. Mencari pekerjaan melalui media online memberikan kemudahan kepada kita untuk melamar pekerjaan. Hanya dengan menggunakan telepon genggam, gadget, laptop ataupun PC, kita dapat melamar pekerjaan. Melamar pekerjaan melalui media online dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja dengan cara yang mudah. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan ketika melamar pekerjaan secara online di job portal:

1. Mengisi data diri

Pada saat ini sudah banyak situs job portal di Indonesia. Anda bisa mendaftarkan diri tidak hanya pada satu situs job portal saja, tetapi Anda dapat mendaftarkan diri di semua situs job portal tersebut. Isilah data diri Anda pada kolom yang terdapat di job portal tersebut, seperti mengisi nama, tempat, tanggal lahir dan data diri lainnya yang tertera pada kolom pendaftaran job portal tersebut.


2. Mencantumkan kontak

Kontak seperti nomor handpone, alamat email dan lain-lain penting. Pastikan kontak yang Anda daftarkan di situs tersebut adalah kontak yang masih Anda gunakan. Karena job portal atau perusahaan akan mengontak berdasarkan kontak yang Anda isi pada job portal tersebut jika Anda mendapatkan tawaran pekerjaan dari sebuah perusahaan yang ada pada job portal tersebut.


3. Lengkapi Persyaratan

Lampirkan surat lamaran Anda, daftar riwayat hidup, foto copy KTP, foto copy ijazah, pas foto, resume serta sertifikat yang berhubungan dengan dunia kerja yang Anda miliki. Dan lampiran lain yang terdapat di job portal tersebut. Pelampiran sertifikat bisa jadi dapat memudahkan kita dalam mendapatkan pekerjaan tersebut, karena sertifikat itu dapat menjadi pertimbangan perusahaan tempat Anda melamar.


4. Teliti dalam memilih lowongan pekerjaan

Ketika melamar di job portal, biasanya perusahaan menyantumkan job desk atau apa yang akan kita lakukan ketika bekerja pada posisi tersebut. Dan meyakinkan diri Anda bahwa posisi tersebut cocok dengan Anda.

(SUS)
loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==