7 Tips Manjur Menghafal 90% Materi Kuliah Agar Ujianmu Lancar!

Ilustasi


Mahasiswa News | Menjelang ujian, kamu harus belajar ekstra keras. Tentu, mengingat pelajaran yang telah disampaikan dosen di kelas itu gampang-gampang susah. Ada kalanya kamu gak terlalu berminat dengan suatu pelajaran, tapi mau gak mau harus paham dan bisa menghapal pelajaran demi nilai ujian yang tak mengecewakan.

Lalu, gimana sih caranya supaya kamu menghapal 90 persen pelajaran yang telah diterima di kelas? Ini triknya!

1. Tulis ulang pelajaran yang telah diterima di kelas. Tapi ingat, pakai metode tulis tangan, jangan diketik!

Psikolog pendidikan dari University of Nebraska, Kenneth Kiewra, menyebut, kegiatan menulis membuat fungsi otak yang berhubungan dengan kemampuan mengingat dan memahami suatu pelajaran menjadi lebih tajam.

Hal itu juga diungkapkan para peneliti dari Washington University. Mereka berujar, mahasiswa yang mencatat dengan metode tulis tangan akan mampu mengingat pelajaran lebih lama. Sebab, menurut mereka, menulis membuat otak terorganisasi dengan baik. Otak juga lebih mudah merekam hal-hal yang telah ditulis oleh tangan. Alasan lain ialah, dengan menulis, manusia otomatis akan membaca tulisannya lebih lama.

2. Bikin kata kunci dan poin-poin penting di secarik kertas, masukkan saku, atau bawa catatan itu ke mana pun kamu pergi.

Tuliskan poin-poin penting dari pelajaran yang telah kamu terima di kelas. Tulis di secarik kertas agar bisa dimasukkan ke saku. Kalau bisa, tulis yang rapi di atas kertas dengan warna yang menurutmu menawan.

Dengan begitu, kamu akan semangat membacanya. Lantas, di mana pun kamu berada, saat ada waktu luang, bacalah poin-poin itu. Niscaya kamu akan hapal di luar kepala.

3. Pakai jembatan keledai, selain mengasah kreativitas, ternyata cara ini ampuh membuatmu ingat poin-poin penting di luar kepala.

Cara ini mungkin sudah diterapkan oleh banyak pelajar kala harus menghapal suatu istilah asing yang sulit diingat. Jembatan keledai memang terkenal ampuh membantu otak mengingat dengan cara yang lebih fun.

Misalnya, saat diminta mengingat klasifikasi hewan vertebrata yang terdiri atas lima kelas, yakni pisces, amphibi, reptilia, aves dan mamalia, kamu cukup menggantinya dengan "pisang, ambon, rasanya, agak, manis". Ambil satu huruf di depan istilah itu, lalu ganti dengan kata yang familiar.

4. Baca ulang di tempat yang nyaman, di pinggir kolam atau di kedai kopi yang sepi.

Cari tempat yang menyenangkan buatmu untuk membaca kembali pelajaran yang telah diterima di kelas. Kamu bisa memilih membaca di pingggir kolam yang sepi dengan suara gemericik air atau di kedai kopi yang sepi.

Suasana yang nyaman dan menyenangkan membuat otakmu rileks dan akan dengan mudah mencerna hal-hal yang kamu baca. Selain itu, bila kamu memilih belajar di kedai kopi, aromanya yang khas dan nikmat membuat pikiranmu lebih tenang.

5. Belajar berkelompok membuatmu memahami isi pelajaran dan mengingatnya dengan lebih mudah lho.

Belajar dengan teman nyatanya dapat membuatmu lebih mengerti dan mengingat pelajaran yang telah disampaikan di kelas. Sebab, dengan teman, kamu akan menemukan metode belajar yang pas dan fun.

Selain itu, bila tak mengerti, minta teman yang menguasai pelajaran tersebut untuk menerangkannya kepadamu. Dijelaskan oleh kawan seumuran biasanya lebih mudah dipahami karena jalan pikirannya cenderung sama.

6. Tidur yang cukup, lalu baca ulang pelajaran yang sudah kamu catat.

Otak perlu istirahat agar pikiran menjadi segar. Badan pun perlu direbahkan untuk memulihkan tenaganya. Setelah istirahat cukup, bacalah pelajaran yang telah kamu catat. Dijamin kamu akan lebih cepat menghapal pelajaran karena otak dan badanmu sudah segar serta bugar.

7. Minta orang-orang sekitarmu membuat pertanyaan dari buku catatanmu. Bikin semacam kuis tanya-jawab.

Kamu bisa minta ibu, ayah, kakak, atau adikmu untuk membuat pertanyaan-pertanyaan dari isi pelajaran yang sudah kamu catat di buku. Cara ini memang tampak seperti kegiatan menjawab soal-soal latihan, tapi dikemas dengan cara yang lebih menarik.

Dengan cara ini, kamu bisa mengingat jawaban atas pertanyaan yang dilontarkan orang-orang di sekitarmu tersebut dengan mudah. Siapa tahu pertanyaan yang mereka lontarkan sama dengan yang keluar di kertas ujian.

Nah, sekarang kamu siap menghadapi ujian esok hari. Selamat mengerjakan soal!



Sumber: idntimes
loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==