Kurang Dari 30 Menit, Pendaftar Peserta Melebihi Kuota Harian



Mahasiswa News | Tingginya antusiasme masyarakat pada pelaksanaan Public Lecture Dr. Zakir Naik ditunjukkan dengan jumlah pendaftar harian yang selalu menembus batas kuota harian dalam waktu kurang dari 30 menit. Hal tersebut diungkapkan oleh Ir. Tony K. Haryadi selaku Koordinator Sekretariat acara ini. “Mulai dari hari pertama hingga hari keempat, panitia menerima rata-rata jumlah pendaftar sebanyak 500 – 700 orang hanya dalam waktu 25 menit.” Hal tersebut diungkapkan Tony dalam wawancara di kampus UMY hari Jumat (24/3/2017).

Tony menambahkan bahwa kondisi ini menyebabkan panitia langsung menutup sistem sebelum jam 15.00 wib. “Karena kuota telah melebihi batas maksimal harian yang telah ditetapkan. Hal tersebut menyebabkan beberapa calon peserta tidak bisa lagi masuk ke sistem dan mendaftarkan diri sebagai calon peserta. Namun sistem pendaftaran masih akan dibuka hingga tanggal 30 Maret 2017,” ujar Tony.

Selanjutnya, daftar calon peserta yang masuk ke sistem akan diverifikasi oleh panitia dengan mempertimbangkan beberapa aspek seperti kelengkapan isian form pendaftaran, kelengkapan dan kesesuaian berkas yang diupload, termasuk motivasi calon peserta. Kolom motivasi ini diperlukan untuk mengetahui latar belakang keikutsertaan peserta. Motivasi yang kuat dan tujuan yang jelas menjadi salah satu pertimbangan. “Dalam mempertimbangkan peserta yang lolos, tentunya kami melihat dari motivasi yang kuat. Jika motivasinya hanya sekedar ingin melihat, ataupun hanya ingin mendengarkan Dr. Zakir Naik, itu bukanlah motivasi yang kuat. Selain itu, kami juga menemukan ada calon peserta yang tidak mengupload ID atau KTP seperti yang datanya diisikan dalam form, dan lebih parah lagi, ada peserta yang seharusnya mengupload KTP/ID, tapi malah mengupload foto keluarga,” jelas Tony lagi. Selain itu, panitia juga mempertimbangkan sebaran jender, asal dan latar belakang calon peserta untuk memperoleh keterwakilan yang merata dari seluruh peserta yang akan hadir di Public Lecture Dr. Zakir Naik di UMY.

Tony juga mengingatkan bahwa acara Public Lecture Dr. Zakir Naik di UMY adalah kuliah umum, bukan Tabligh Akbar atau Pengajian Akbar seperti yang biasa diadakan di Indonesia, dimana acara-acara tersebut dilaksanakan di ruang terbuka dan dihadiri oleh ratusan ribu peserta. Apalagi acara ini akan dilaksanakan dalam Bahasa Inggris yang tentu tidak sembarang orang bisa mengikutinya. “Acara Public Lecture Dr. Zakir Naik di UMY adalah acara akademik yang dilaksanakan di ruang tertutup yaitu di Sportorium UMY yang memiliki kapasitas terbatas dan tidak bisa menampung jumlah peserta yang terlalu besar seperti Tabligh Akbar. Kapasitas Sportorium yang memungkinkan adalah 6000 orang dengan mempertimbangkan kenyamanan dan keamanan peserta serta kelancaran pelaksanaan acara, ” imbuh Tony. (UMY/MN)
loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==