Keren! Mahasiswa Indonesia Rancang Teknologi Penerbangan Canggih

Foto: Istimewa


Mahasiswa News | Tiga mahasiswa Indonesia berhasil menembus lima besar dalam kompetisi menggagas teknologi dan model baru di industri penerbangan. Pada ajang bertajuk 'Fly Your Ideas 2017' itu, mereka menyisihkan sekira 350 karya mahasiswa lain yang berasal dari berbagai negara.

Saat ini, ketiga mahasiswa tersebut tengah menjalani studi di Institut d’Administration des Enterprises - IAE Toulouse, Prancis. Inovasi yang diciptakan berupa Compact Luggage Strategy (CLS) Mobile App, yakni sebuah aplikasi ponsel real time untuk sistem boarding penumpang.

CLS akan menentukan status boarding masing-masing penumpang sesuai dengan ukuran barang bawaannya. Inovasi ini membantu mengatasi masalah penyimpanan barang penumpang di kompartemen atas kepala dengan mendistribusikan posisi penumpang di pesawat sesuai dengan bawaan masing-masing.

"Salah satu keluhan utama penumpang pesawat saat ini ialah tentang sulitnya menemukan tempat yang pas untuk barang bawaan mereka di kompartemen atas-kepala di kabin. Tak jarang mereka harus menggotong kembali bawaan mereka dan mencari kompartemen lain yang masih lowong. Proses ini memakan waktu dan sering kali tidak praktis karena ruang gerak yang terbatas," ujar ketua tim, Raisa Rico, dalam siaran pers, Senin (17/4/2017).

Tim yang diberi nama PassEx ini akan bersaing dengan empat tim lainnya. Masing-masing finalis nantinya diminta mempresentasikan ide serta purwarupa mereka di hadapan sebuah panel yang terdiri atas sejumlah ahli Airbus, tokoh-tokoh dunia penerbangan, dan akademisi.

Finalis sendiri merupakan mahasiswa dari berbagai belahan dunia, seperti Afrika, Eropa, dan Asia-Pasifik. Pemenang dari kompetisi ini akan mendapatkan hadiah senilai 30 ribu euro.


Sumber: Okezone
loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==