Hasil Penelitian, Berendam di Air Panas Dapat Membakar Kalori

Foto: Liputan6


Mahasiswa News | Batalkan saja kartu keanggotaan gym-mu, karena ternyata berendam di air panas dapat membakar kalori dalam jumlah yang kurang lebih sama.

Ini adalah berita baik bagi mereka yang ingin menjadi fit tapi tidak mau melakukan terlalu banyak hal.

Kita semua pasti senang berendam bukan? Saat berendam kita bisa habiskan waktu sembari menikmati lilin aromaterapi dan musik yang menenangkan. Ternyata kebiasaan berendam ini memiliki benefit lain yang baru-baru ini dipaparkan oleh Dr. Steve Faulkner dari Universitas Loughborough seperti dikutip dari laman Collegecandy.

Menurut Dr Steve, menikmati mandi dan berendam dengan air panas sama efektifnya dengan melalukan latihan. Selain itu, kebiasaan bermalas-malasan ini juga dapat mencegah terjadinya diabetes tipe 2.

Frasa yang digunakan untuk kata berendam ini adalah “pemanasan secara pasif”, yang dapat meningkatkan kesehatanmu tanpa perlu bersulit-sulit dengan treadmill. Dr. Faulkner dan tim melakukan penelitian tentang efek dari berendam air panas pada kontrol gula darah yang kemudian dihubungkan pada jumlah kalori yang terbakar.

Penelitian ini melibatkan 14 orang laki-laki yang akan melalui 2 rangkaian tes. Pada tes pertama mereka harus bersepeda selama 1 jam, sedangkan pada tes kedua mereka diminta untuk berendam dengan air panas bertemperatur 104 Fahrenheit.

Tujuan tes ini dilakukan adalah untuk meningkatkan temperatur inti dari tubuh sebanyak 1 degree. Di akhir tes, kegiatan bersepeda ternyata membakar lebih banyak kalori. Namun, sebuah hasil mengejutkan didapatkan, berendam dengan nyaman di air panas dapat membakar 130 kalori yang mana setara dengan berlari selama 30 menit.

“Tingkat gula darah seluruh peserta dari kedua tes tersebut adalah sama. Namun puncak gula darah setelah makan turun sebanyak 10% ketika para peserta berendam di dalam air panas dibandingkan bersepeda,” jelas Dr Faulkner
Dia juga menambahkan bahwa latihan anti-inflamasi sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh dan melawan penyakti.

“ Ini menunjukan bahwa pemanasan pasif secara berulang dapat berkontribusi untuk mengurangi terjadinya paradangan kronis yang sering hadir pada penyakit jangka panjang seperti diabetes tipe 2,” tambahnya.

Jadi jangan lagi merasa bersalah jika melawatkan jadwal gym-mu. Berendam di air panas dapat menjadi gantinya. (kk)
loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==