Mahasiswa Tak Boleh Hanya Berpacu untuk Menaikkan IPK

Ilustrasi


Mahasiswa News | Sebagai mahasiswa, salah satu penilaian studi di jenjang perguruan tinggi adalah melalui Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Dengan IPK ini, mahasiswa dituntut untuk bisa sungguh-sungguh menjalani perkuliahan agar nilai IPK mereka bisa menjadi lebih baik.

Namun, IPK juga bukanlah satu-satunya jalan menuju tangga kesuksesan bagi mahasiswa. Hal tersebut seperti disitat dari laman Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Masih ada beberapa skill lainnya yang dibutuhkan untuk menuju jalan kesuksesan.

Dalam seminar yang diadakan di kampus UNY, salah satu pembicara yakni Joko Subagio menuturkan bahwa kemampuan komunikasi juga menjadi hal lainnya dalam rangka “menjual diri”, terutama jika mahasiswa memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik.

Joko juga menjelaskan, jika ilmu yang sudah didapatkan selama menjalani perkuliahan di kampus adalah cara untuk bisa mengolah kemampuan berpikir mahasiswa. “Pada waktu bekerja, tidak semua ilmu yang dipelajari di kampus dipakai di dunia kerja. Namun mahasiswa harus bisa menjual diri dengan kemampuannya. Jadilah berbeda dari orang lain,” jelasnya.

Sementara itu, pembicara lainnya yakni Rosita Kusmaryani MSi menambahkan, guna mendapatkan karier impian adalah dengan cara mengembangkan diri.

“Pengembangan diri ini meliputi pada mengenali potensi diri, dengan melakukan maping pada kelebihan dan kelemahan,” tutupnya. 


Sumber: Okezone
loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==