Bukan Cita-Cita, Alumni UNS Ini Justru Sukses Jadi Guru di Turki

Foto: Dok UNS





Mahasiswa News | Tak pernah terpikir di benak Ita Mahfudzoh bahwa setelah lulus nanti ia akan berprofesi menjadi seorang guru. Namun, karena teringat oleh amanat almarhum ayahnya mengenai mulianya tugas seorang guru, Ita akhirnya memutuskan masuk Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret (FKIP UNS) pada 2012.

Hingga awal perkuliahannya, gadis kelahiran Batang, Jawa Tengah ini masih belum menemukan passion untuk menjadi seorang guru. Kendati demikian, Ita tak pernah mangkir dari tanggung jawabnya sebagai mahasiswa di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris.

Unggul di akademis, juga aktif di kegiatan nonakademis, Ita berhasil lulus dengan predikat cumlaude pada September 2016. Uniknya, sejak beberapa bulan sebelum kelulusan dia sudah mendapat pekerjaan sebagai guru di Turki.

"Dulu, lowongan kerjanya ada di bidang pendidikan, marketing, dan IT. Saya yang dari pendidikan, pertama daftar ke AIESEC UNS. Setelah lolos interview lalu menyerahkan CV yang menarik. Kemudian membuat profil di sistem OGIP, interview online dengan AIESEC luar, lalu dengan company. Akhirnya lolos dan menerima konfirmasi, kontrak kerja dibangun," tuturnya dikutip dari laman UNS, Sabtu (11/3/2017).

Tepatnya pada Juli 2016, peraih juara Harapan I Duta Wisata Batang itu mendapat kabar bahwa dirinya diterima sebagai guru bahasa Inggris di İngiliz Kültür, yakni sebuah sekolah bahasa di Biga, Çanakkale, Turki. Setelah menuntaskan studinya, Ita terbang ke Turki untuk memulai pengalaman barunya.

Menetap di Turki selama lima bulan, Ita telah mengantongi banyak cerita seru. Di antaranya, penyesuaian diri pada iklim, kebudayaan, cita rasa makanan, bahasa Turki, dan masih banyak lagi.

"Keikhlasan dan rasa syukur akan memberikan hikmah yang tidak pernah kita sangka. Awalnya saya memang tidak ingin jadi guru, tapi belajar di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris telah menjadikan saya guru bahasa Inggris dan mengantarkan saya pada mimpi untuk bekerja di kancah internasional," pungkasnya.
loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==