Peduli Dunia Pendidikan, Rotaract Bali Taman Adakan Perpustakaan Keliling

Peduli Dunia Pendidikan, Rotaract Bali Taman Adakan Perpustakaan Keliling



Mahasiswa News | Gianyar ( Bali) – Sebagai salah satu Komunitas Anak Muda yang peduli dengan dunia pendidikan, Komunitas Rotaract Club of Bali Taman kembali mengadakan kegiatan perpustakaan keliling (mobile library). 

Kegiatan perpustakaan keliling (mobile library) kali ini diadakan di Sekolah Dasar Negeri 4 Singakerta 4 yang berlokasi di Banjar Dauh Labak, Singakerta, Ubud , Kabupaten Gianyar pada hari Sabtu (4/2/2017). Kegiatan perpustakaan keliling merupakan kegiatan rutin yang diadakan Komunitas ini. Setiap bulannya Komunitas ini menyasar sekolah-sekolah yang berada di pelosok daerah Bali.

Setibanya di SDN 4 Singakerta para anggota Komunitas Rotaract Club of Bali Taman mengajak para sisswa-siswi disana untuk bermain game Rumah Tupai. Para siswa-siswi disana sangat antusias mengikuti games ini. Para anggota Komuinitas Rotaract Club of Bali Taman juga berbaur bersama para siswa-siswi SDN 4 Singakerta untuk bermain Games. Usai kegiatan games para siswa-siswi dibagikan snack yang telah terbungkus rapi dengan hiasan lucu.

Kgiatan perpustakaan keliling dilakukan di tiap kelas yang ada di SDN 4 Singakerta. Para siswa-siswi diberikan kebebasan untuk meminjam buku-buku pengetahuan dan pendidikan serta bisa dibawa pulang untuk dibaca dirumah,.Pengembalian buku-buku tersebut dilakukan ada kunjungan Komunitas Rotaract Club of Bali Taman minggu selanjutnya. Di minggu selanjutnya para siswa-siswi yang telah membaca buku hingga tuntas akan diajak untuk kedepan kelas menceritakan isi buku yang telah mereka baca. Bagi siswa-siswi yang dapat dengan baik menceritakan isi buku yang telah dibaca akan dipersiapkan hadiah menarik.

Para anggota Komunitas Rotaract Club of Bali Taman juga mengajar Bahasa Inggris kepada murid-murid SDN 4 Singakerta. Mereka diajarkan bahasa Inggris mengenal bagian-bagian tubuh seperti kepala, hidung, tangan hingga kaki. Mereka sibuk mencatat pelajaran bahasa Inggris saat para anggota Rotaract Bali Taman menjelaskan di kelas.

Ketua Kegiatan Perpustakaan Keliling di SDN 4 Singakerta, yaitu I Dewa Gede Agusta Mahardika disela-sela kegiatan perpustakaan keliling mengatakan kegiatan yang ia lakukan bersama Komunitas Rotaract Club of Bali Taman bertujuan untuk meningkatkan budaya gemar membaca anak-anak di sekolah dasar.

“ Tujuan kegiatan ini untuk mendorong anak-anak supaya lebih banyak membaca” ungkap Dika.

Dika menambahkan sangat prihatin terhadap budaya gemar membaca yang saat ini berkurang karena anak-anak saat ini lebih gemar bermain gadget ketimbang membaca buku pengetahuan dan pendidikan.

“ Saya sangat prihatin dengan menurunnya budaya gemar membaca akibat perkembangan teknolongi, anak-anak zaman sekarang lebih  suka bermain gadget daripada membaca buku pelajaran dan pengetahuan, mudah-mudahan dengan kegiatan perpustakaan keliling bisa memacu anak-anak sekolah untuk menanamkan budaya membaca sejak dini” jelasnya.

Sementara itu, Ida Bagus Raditya Manuaba salah seorang pengurus Komunitas Rotaract Club of Bali Taman mengatakan bahwa kegiatan Perpustakaan Keliling merupakan program kerja tahunan komunitas ini dan akan terus berlanjut ke sekolah-sekolah yang ada di Bali.

“ Kegiatan perpustakaan keliling merupakan agenda rutin Rotaract Club of Bali Taman dan akan menjangkau sekolah-sekolah dipelosok Bali” tutupnya diakhir perbincangan.


Kontributor:
Herdian Armandhani
Denpasar, Bali

loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==