Awas!, Jangan Tunda Pendaftaran SNMPTN 2017!



Mahasiswa News | Mulai hari ini sampai 6 Maret mendatang siswa SMA kelas XII atau sederajat bisa mengetahui lolos atau tidaknya untuk mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2017. Hasil tersebut dicek langsung oleh masing-masing siswa melalui laman resmi SNMPTN 2017 dengan memasukkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan password yang sudah diberikan oleh sekolah sebelumnya. Selain itu siswa yang dinyatakan lolos juga bisa segera memilih program studi yang diinginkan.

Baru baru ini Ketua Panitia SNMPTN dan SBMPTN 2017 Ravik Karsidi mengatakan, agar para siswa tidak menunda pendaftaran pada laman SNMPTN 2017  meski masih ada tenggang waktu dua minggu hingga 6 Maret. “Bagi siswa yang eligibel diharapkan sesegera mungkin mendaftar,” tuturnya. Ravik juga menambahkan, pendaftaran yang dilakukan lebih awal bertujuan untuk mengurangi laman yang kerap error pada hari-H pendaftaran seperti yang pernah terjadi pada tahun-tahun sebelumnya.

Pada SNMPTN tahun ini, sekolah yang akreditasi A maka dapat mendaftar 50% siswa berperstasi terbaik. Sedangkan untuk sekolah akreditasi B;30%, C;10%, dan akreditasi lainnya hanya disediakan 5%. Sementara untuk jalur tertulis, siswa dapat mendaftar pada pada laman SBMPTN melalui http://www.sbmptn.ac.id dan http://halo.sbmptn.ac.id dan call-center 0804 – 1456 – 456. Selain itu juga dapat mendaftar di jalur mandiri di perguruan tinggi negeri yang dituju.

Tata cara mengikuti atau pendaftaran ujian SNMPTN 2017 dilakukan melalui tiga tahap, yaitu (1) pengisian PDSS oleh sekolah dan verifikasi oleh siswa, (2) pemeringkatan, dan (3) pendaftaran SNMPTN oleh siswa.

Pengisian dan Verifikasi PDSS

1. Kepala Sekolah atau yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah mengisi data sekolah dan siswa di PDSS harus melalui laman http://pdss.snmptn.ac.id.
2. Kepala Sekolah atau yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah mendapatkan password yang akan digunakan oleh siswa untuk melakukan verifikasi.
3. Siswa melakukan verikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh Kepala Sekolah atau yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah dengan menggunakan NISN dan password.
4. Apabila siswa tidak melaksanakan verifikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh Kepala Sekolah atau yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah maka data yang diisikan dianggap benar dan tidak dapat diubah setelah waktu verifikasi berakhir.

Pemeringkatan

1. Panitia Nasional melalui sistem, membuat pemeringkatan siswa berdasarkan nilai mata pelajaran yang menjadi mata uji dalam Ujian Nasional (UN) 2017 pada semester tiga, semester empat dan semester lima.
2. Bagi siswa yang memenuhi syarat yakni memiliki prestasi akademik unggul berdasarkan pemeringkatan yang dilakukan oleh Panitia Nasional sesuai ketentuan akreditasi sekolah yang diijinkan untuk mendaftar SNMPTN 2017.

Bagi sekolah dan/atau pendaftar yang mengalami kesulitan akses Internet, dapat melakukan pengisian PDSS maupun pendaftaran di PLASA TELKOM di seluruh Indonesia.

Berikut ini jadwal pelaksanaan SNMPTN 2017:

1. 14 Januari- 12 Februari 2017 merupakan waktu pengisian dan verifikasi Pangkalan data sekola dan siswa (PDSS).

2. 21 Februari-06 Meret 2017, merupakan waktu pendaftaran

3. 16 Maret- 15 April, proses seleksi

4. 26 April 2017, Pengumuman kelulusan

5. 16 Mei 2017, pendaftaran ulang perserta yang lulus SNMPTN 2017

loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==