Tiga Mahasiswa Tewas, Rektor UII Mengundurkan diri

Dr. Ir Harsoyo | Foto: http://lifestealart.blogspot.co.id/


Mahasiswa News | Dr. Ir Harsoyo, Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) menyatakan mengundurkan diri sebagai Rektor UII tahun ajaran 2014 – 2018. Keputusan pengunduran diri Rektor ini sebagai pertanggungjawaban moral atas meninggalnya tiga mahasiswa UII dalam Pendidikan Dasar Mapala UII yang berlangsung pada 13 – 20 Januari 2017.

Pengunduran diri Rektor disampaikan di depan Muhammad Nasir, Menristek Dikti dalam konferensi pers yang digelar di kantor Kopertis Wilayah V, Yogyakarta, Kamis (26/01/2017). Pernyataan ini disampaikan sesudah rapat tertutup dengan Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah V Yogyakarta.

“Sebagai pimpinan dan tanggung jawab moral, saya mengundurkan diri. Kesalahan mutlak pada pimpinan. Saya memohon maaf sebesar-besarnya karena telah mencoreng nama baik pendidikan Indonesia,” ujar Harsoyo, seperti dilansir dari kompas.com.

Ia juga menyampaikan permintaan maaf kepada bangsa Indonesia karena telah mencemarkan dunia pendidikan dengan adanya tindak kekerasan yang seharusnya tidak boleh terjadi.  Kejadian tersebut memukul seluruh sivitas akademika UII sebab Mapala Unisi sudah berdiri sejak tahun 1974. Selama unit berdiri dan penyelenggaraan GC berlangsung, tidak pernah terjadi kecelakaan apa pun.

“Kejadian ini membuat shock seluruh sivitas akademika karena sebelumnya belum pernah terjadi. Kecelakaan fatal pun belum pernah,” tutur Dosen Teknik Sipil FT UII ini.

Harsoyo, dilantik sebagai Rektor UII pada tanggal 02 Juni 2014. Sebelum menjabat sebagai Rektor UII, ia diantaranya pernah menjabat sebagai kepala Lembaga Penelitian UII, Pembantu Rektor III, Sekretaris Dewan pembina Yayasan Badan Wakaf UII, dan Presedium UII. (kk)
loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==