Korban Meninggal Diklatsar Mapala UII Bertambah

Ilustrasi


Mahasiswa News | Korban meninggal dunia pada Pendidikan Dasar Unit Kegiatan Mahasiswa MAPALA UII bertambah satu orang. Dia adalah Ilham Nurpadmy Listia Adi, mahasiswa Fakultas Hukum angkatan 2015.

Ilham merupakan satu dari 37 mahasiswa peserta The Great Camping Diklatsat Mapala UII dari tanggal 10 hingga 20 Januari 2017 di Gunung Lawu, Lereng Selatan, Tawangwangu, Jawa Tengah. Sebelumnya dua korban yang telah dikabarkan meninggal dunia adalah Muhammad Fadhli, mahasiswa Teknik Elektro angkatan 2015 dan Syaits Asyam, mahasiswa program studi Teknik Industri angkatan 2015. Jadi total korban Diklatsar Mapala UII berjumlah tiga orang.

Dr. Ir. Harsoyo, M.Sc., Rektor UII mengatakan, Berdasarkan hasil temuan awal dari tim investigasi internal UII yang telah bekerja sejak 21 Januari 2017, terdapat indikasi kekerasan yang dilakukan oleh oknum tertentu selama pelaksanaan kegiatan TGC. Tim investigasi terus melakukan pencarian fakta dan informasi yang menguatkan indikasi ini, dan apabila terbukti, maka pihak yang melakukan kekerasan akan ditindak tegas sesuai dengan aturan kedisiplinan mahasiswa yang berlaku di UII.

Baca juga: Dua Mahasiswa UII Meninggal Saat Diklatsar Mapala

“Segala sesuatu yang menjadi temuan pada investigasi ini juga mejadi bahan evaluasi UII dalam memperbaiki sistem pelaksanaan kegiatan kemahasiswaan agar kembali kepada prinsip anti kekerasan yang dijalankan UII,” katanya.

Rektor mengaku, UII akan bertanggung jawab sepenuhnya atas kasus yang terjadi pada mahasiswanya tersebut. Mereka berkomitmen untuk mengusut kasus ini secara objektif, terbuka dan tuntas.

Sebagai usaha mengantisipasi dampak lanjutan pada 34 peserta lainnya yang juga mengikuti kegiatan TGC tersebut, menurut Rektor, UII telah berkomunikasi secara intensif dengan peserta dan akan segera melakukan pemeriksaan kesehatan ulang yang lebih menyeluruh. Apabila terdapat indikasi yang dianggap tidak wajar pada kondisi kesehatan peserta, dan sepenuhnya akan difasilitasi oleh UII.

“UII meminta maaf setulusnya kepada seluruh orang tua peserta Diksar MAPALA dan masyarakat luas,” ungkap Rektor.

Kegiatan TGC (The Great Camping) yang merupakan kegiatan rutin Pendidikan Dasar Unit Kegiatan Mahasiswa MAPALA yang dilaksanakan setiap tahun. Kegiatan yang baru saja dilaksanakan adalah TGC ke 37 dan diikuti oleh 37 peserta terdiri dari 34 laki-laki, 3 perempuan serta dilaksanakan di Gunung Lawu, Lereng Selatan, Tawangmangu selama 10 hari dari tanggal 10 – 20 Januari 2017. (kk)
loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==