Ada Indikasi Kekerasan Pada Diklatsar Mapala UII

Ilustrasi : Gunung Lawu / Foto : www.penabiru.com


Mahasiswa News | Tim investigasi Internal Universitas Islam Indonesia (UII) menemukan ada indikasi kekerasan terhadap pelaksanaan The Great Camping Pendidikan Dasar Unit Kegiatan Mahasiswa Mapala UII. Kekerasan tersebut dilakukan oknum tertentu selama Diklatsar yang digelar di Gunung Lawu dari tanggal 10 hingga 20 Januari 2017.

Sebelumnya dikabarkan sebanyak tiga orang meninggal dunia dalam Diklatsar ini. Para korban adalah Muhammad Fadhli, mahasiswa Teknik Elektro angkatan 2015, Syaits Asyam, program studi Teknik Industri angkatan 2015, dan Ilham Nurpadmy Listia Adi, mahasiswa Fakultas Hukum angkatan 2015.

“Berdasarkan hasil temuan awal dari tim investigasi internal UII yang telah bekerja sejak 21 Januari 2017, terdapat indikasi kekerasan yang dilakukan oleh oknum tertentu selama pelaksanaan kegiatan TGC,” kata Dr. Ir. Harsoyo, M.Sc., Rektor UII dalam keterangan tertulisnya, Selasa, (24/01/2017).

Saat ini kata Rektor, tim investigasi masih terus melakukan pencarian fakta dan informasi yang menguatkan terkait indikasi ini. Bila terbukti, maka pihak yang melakukan kekerasan akan ditindak tegas sesuai dengan aturan kedisiplinan mahasiswa yang berlaku di UII.

“Segala sesuatu yang menjadi temuan pada investigasi ini juga mejadi bahan evaluasi UII dalam memperbaiki sistem pelaksanaan kegiatan kemahasiswaan agar kembali kepada prinsip anti kekerasan yang dijalankan UII,” kata Rektor.

Menurut Rektor, selain membentuk tim investigasi internal, pihak UII juga menyerahkan proses penyelidikan kepada pihak kepolisian. Ini sebagai bentuk berkomitmen UII, untuk mendukung penegakan hukum, dan siap membantu melancarkan jalannya penyelidikan pihak yang berwenang.

“Bagi pihak peserta maupun keluarga yang ingin menempuh jalur hukum, UII memberikan kebebasan sepenuh-penuhnya dan tidak akan menghalangi proses tersebut,” tambah Rektor.

Selanjutnya, sebagai komitmen UII untuk memfasilitasi keluarga mahasiswa dalam menghadapi persitiwa ini, UII juga menyiapkan crisis center bagi peserta dan pihak keluarga peserta terkait peristiwa The Great Camping (TGC) UII. Nomor telepon crisis center yang dapat dihubungi adalah 081367771999 (Karina), 082226576307 (Muzayin), dan 0817200283 (Mutia). (kk)
loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==