Tak Diizinkan Kuliah, Mahasiswa Ini Justru Jadi Lulusan Terbaik

Dok. Unair


Mahasiswa News | Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi memang menjadi impian banyak anak muda, tidak terkecuali yang dirasakan oleh Zumrotus Sholikhah. Mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) tersebut juga memiliki keinginan yang sama agar bisa menyelesaikan pendidikannya sampai ke perguruan tinggi.

Namun sayang, keinginannya tersebut sempat ditentang oleh orangtuanya. Kendala ekonomi menjadi faktor yang membuat orangtuanya tak mengizinkan Zumrotus mewujudkan impiannya tersebut.

Ambisinya untuk bisa mengenyam pendidikan ke perguruan tinggi pun tidak pernah padam. Hingga akhirnya dia berhasil diterima di Unair melalui jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) menggunakan beasiswa Bidikmisi.

“Karena keterbatasan waktu dan tidak ada ambisi untuk kuliah, jujur saat itu saya memilih jurusan agak asal-asalan dan ternyata saya diterima. Setelah itu saya meyakinkan orangtua dan alhamdulillah pelan-pelan orangtua memperbolehkan saya untuk kuliah,” ungkapnya seperti dinukil dari laman Unair.

Perempuan kelahiran 6 September 1993 ini bersyukur karena dirinya tidak hanya bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, tapi bisa menjadi lulusan terbaik di Unair. Ika sapaan akrabnya mengaku tidak memiliki kiat khusus untuk dapat meraih perstasinya tersebut.

“Saya berusaha semaksimal mungkin dengan diiringi doa dari orangtua. Selain itu, saya juga sering bertanya kepada teman dan searching di internet terkait dengan mata kuliah yang belum saya pahami,” ucapnya.

Ika berharap usai menyelesaikan studinya ini, dia bisa menerapkan ilmunya agar bisa bermanfaat bagi orang lain. “Kalau memungkinkan, saya juga berharap bisa membuka lapangan kerja bagi orang lain,” tambahnya. 
loading...