Bimbingan Belajar Tak Setuju UN Dimoratorium

Bimbingan Belajar Tak Setuju UN Dimoratorium (Foto: kompasiana)


Mahasiswa News | Mengikuti bimbingan belajar (bimbel) menjadi andalan siswa sebelum menghadapi ujian nasional (UN) dan seleksi masuk perguruan tinggi. Dengan bimbel, mereka akan mendapat suplemen dan pendalaman materi sehingga bisa menyelesaikan soal dengan benar.

Belakangan usulan moratorium UN menimbulkan pro kontra di tengah masyarakat. Menurut Direktur Operasional Bimbel Genius, Mujib Ridwan, UN tak seharusnya dimoratorium. Sebab, masalah utama dalam menghadapi UN, yakni bukan ujiannya, melainkan kesiapan siswa.

"Kalau dulu siswa tidak lulus karena UN itu sebenarnya karena keinginan dengan usaha tidak seimbang. Maka masalah bukan pada ujian nasionalnya, tetapi usaha siswa, orangtua, dan guru yang seharusnya dioptimalkan," ujarnya, Jumat (9/12/2016).

Mujib mengungkapkan, tidak mendukung moratorium UN bukan karena takut merugi. Sebab, bimbel akan tetap dibutuhkan sebagai pendamping belajar siswa, baik ada atau pun tidak ada UN.

"UN dihapus bagi kami tidak masalah. Yang harus jadi perhatian, yakni kecurangan dan ketidaksiapan siswa dalam menghadapi UN. Artinya, pendidikan belum bisa menyiapkan siswa menghadapi UN. Padahal setelah mereka lulus persaingan semakin ketat baik masuk jenjang berikutnya ataupun dunia kerja," sebutnya.



Sumber: Okezone
loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==