Peduli Terhadap Sampah Mahasiswa Ini Raih Prestasi!



Mahasiswa News | Sampah merupakan limbah tidak terpakai yang dibuang. Namun siapa sangka, tiga mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus Serang ini justru meraih sejumlah prestasi lantaran peduli terhadap sampah.

Mahasiswa yang terdiri atas Tesa Arter, Muhamad Ihsan, dan Pipit Musdalifah itu berhasil meraih penghargaan Student of The Mouth dan meraih juara 2 pada ajang ARC di Universitas Ageng Tirtayasa. Awalnya, ketiganya merasa prihatin terhadap sampah plastik yang berserakan di sekitar kampus.

Ihsan dan kedua rekannya lalu membuat gagasan dengan mengumpulkan sampah yang masih bisa dimanfaatkan sebagai sesuatu yang indah dan bernilai. Dia mengatakan, fokus utama kegiatan bukan pada daur ulang, melainkan pada pemilahan sampah.

“Yang kita tahu dari sampah untuk mendaur ulangnya dengan cara yang sangat sulit, misalnya dengan dijadikan barang yang bisa digunakan seperti tas. Tetapi penggunaannya kurang efektif, jadi kita memilah sampah dan mengurangi penggunaan plastik untuk menjaga lingkungan,” ujarnya disitat dari laman UPI, Rabu (30/11/2016).

Pemilahan sampah, lanjut Ihsan, lebih efektif dilakukan oleh mahasiswa. Dalam kegiatannya, mereka juga membantu pengumpulan sampah botol plastik.

“Karena kami mahasiswa memang tidak memiliki kreativitas mendaur ulang sehingga ini juga menjadi amal untuk memudahkan orang yang mencari botol plastik,” terangnya.

Ketiga mahasiswa tersebut telah menyediakan 14 tempat sampah di berbagai tempat yang sering dilintasi mahasiswa. Mereka berharap, kegiatan yang dilakukan mampu membangun kesadaran mahasiswa lainnya dalam membuang sampah pada tempatnya sehingga tercipta lingkungan kampus yang bersih. 
loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==