Daripada Salah Masuk Jurusan Kuliah, Yuk Kenali Kecerdasan Kamu Dulu



Mahasiswa News | Setiap orang memiliki kemampuan dan potensi yang berbeda-beda. Oleh sebab itu orang tidak dapat diperlakukan dengan cara yang sama. Termasuk dalam pendidikan, Howard Gardner seorang Guru Besar Psikolog dan Ahli Pendidikan dari Univeristas Harvard melihat bahwa setiap orang adalah unik sehingga tidak bisa dididik dengan cara yang sama. Menurutnya seseorang memiliki kecerdasan di bidangnya masing-masing. Gardner lantas membaginya dalam 9 kategori kecerdasan yakni Multiple Intelligence (Kecerdasan Ganda/Majemuk). Berikut 9 kategori kecerdasan tersebut.

Kecerdasan Linguistik
Ini adalah kecerdasan dalam menggunakan kata-kata secara efektif, baik secara lisan maupun tulisan. Gemar membaca, mudah memahami bacaan, suka menulis, mendengar, berbicara. Peka terhadap arti kata, urutan kata, suara, ritme, dan intonasi kata yang diucapkan. Termasuk kemampuan mengukur kekuatan kata dalam mengubah kondisi pikiran dan menyampaikan informasi. Kemampuan ini biasanya dimiliki oleh jurnalis, penyair, maupun pengacara. Jadi kamu cocok masuk di jurusan Ilmu Komunikasi, Sastra, atau Hukum.

Kecerdasan Logika-Matematika
Kecerdasan berkaitan dengan angka dan logika. Yakni kemampuan seseorang dalam memecahkan masalah, mencari solusi dengan logis dan rasional (masuk akal). Kamu yang memiliki kecerdasan ini suka angka, logika, urutan, dan memiliki pola pikir yang runtut. Kecerdasan logika-matematika seperti ini dimiliki oleh programmer, akuntan, ilmuwan. Kalau kamu punya kemampuan seperti ini bisa masuk di Jurusan Teknik, Ilmu Ekonomi, Ilmu Administrasi, Ilmu Komputer, Kedokteran juga cocok.

Kecerdasan Visual-Spasial
Kamu adalah orang yang suka mencermati dunia visual (gambar) dan spasial (ruang/tempat). Meliputi kesadaran warna, garis, bentuk, ruang, ukuran, dan hubungan antar elemen. Kamu yang punya kecerdasan ini juga mampu melihat obyek dari berbagai sudut pandang. Biasanya mereka ini baik dalam hal arsitektur, fotografi, seni, pilot, dan insinyur mesin. Kira-kira tau kan kamu cocok masuk di jurusan apa. Teknik Arsitektur, DKV (Desain Komunikasi Visual), PWK (Perencanaan Wilayah Kota), Teknik Mesin, Dirgantara.

Kecerdasan Musikal
Inilah kecerdasan yang dimiliki oleh para musisi. Mereka ini punya kemampuan untuk mengamati, membedakan, mengarang, membentuk, dan mengekspresikan bentuk-bentuk musik. Peka terhadap ritme, melodi, dan timbre dari musik. Dan ternyata dari kemampuan musik ini punya pengaruh terhadap kemampuan matematika dan ilmu sains dalam diri seseorang. Kamu punya kemampuan ini? Masuk saja di jurusan musik, terus gali dan asah potensimu ya siapa tahu kamu bakal jadi musisi legendaris seperti Mozart atau Bach.

Kecerdasan Intrapersonal
Mampu memahami diri sendiri dengan memahami kelebihan dan kekurangan diri adalah salah satu kecerdasan tersendiri. Mereka ini mampu memotivasi dirinya sendiri, disiplin, menghargai nilai (aturan), etika (sopan santun), dan moral. Mereka yang punya kecerdasan ini adalah ahli teologi, wiraausahawan, dan konselor.

Kecerdasan Interpersonal
Bekerjasama baik dengan orang lain, mampu memahami, maksud, dan perasaan orang lain juga kecerdasan lho. Kamu yang punya kecerdasan ini suka mengamati orang lain dan peka terhadap ekspresi wajah, suara, gerakan tubuh, sehingga mampu memberikan respon secara efektif dalam berkomunikasi. Umumnya orang-orang seperti ini bisa menjadi pemimpin kelompok dan kebanyakan mereka menjadi direktur atau pimpinan sebuah perusahaan.

Kecerdasan Kinestetik
Kalau ini adalah kecerdasan menggunakan tubuh kita secara terampil untuk megungkapkan ide, pemikiran, dan perasaan. Terampil dalam hal koordinasi, keseimbangan, daya tahan, kekuatan, kelenturan, dan kecepatan, serta mampu mengendalikan gerak tubuh untuk mengangani beban atau benda. Atlet, pengrajin, montir, penari, ahli bedah adalah orang-orang yang punya kecerdasan kinestetik.

Kecerdasan Naturalis
Seseorang dengan kecerdasan naturalis peka terhadap lingkungan hidup dan alam. Mereka mampu mengenali, membedakan, mengungkapkan, dan membuat kategori terhadap apa yang dijumpai di alam maupun lingkungan. Suka berpetualang, traveling, dan peduli terhadap makhluk hidup. Mengasah kemampuanan ini, siapa tahu kamu akan jadi petualang tangguh dan terkenal seperti Mark Twain. (gp)
loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==