LAGI, KAPAL AL AMERIKA SERIKAT JADI TARGET SERANGAN RUDAL DARI YAMAN

Islam Pena - Sebuah kapal perusak Angkatan Laut AS menjadi target serangan rudal yang gagal pada hari Rabu dari wilayah di Yaman yang dikuasai oleh pemberontak Syiah Houthi aliansi Iran. Serangan itu merupakan insiden kedua dalam empat hari terakhir, para pejabat AS kepada Reuters Rabu (12/10/2016).

The USS Mason, didampingi oleh USS Ponce – yang merupakan sebuah dermaga transportasi amfibi – melepaskan tembakan pertahanan salvo untuk membalas serangan rudal, yang gagal menghantam kapal dan tidak menyebabkan kerusakan apapun karena dioperasikan di utara Selat Bab al-Mandab, kata para pejabat yang berbicara tanpa menyebut nama.

Upaya baru yang menargetkan kapal perusak Angkatan Laut AS tersebut akan menambah tekanan pada militer AS untuk membalas, sebuah langkah yang akan mewakili aksi langsung pertama militer AS terhadap Houthi dalam konflik Yaman. Pentagon mengisyaratkan tentang kemungkinan serangan balasan pada hari Selasa.

Insiden kemarin, bersama dengan serangan atas kapal Uni Emirat Arab pada 1 Oktober, menambah pertanyaan tentang keselamatan lintas bagi kapal militer di sekitar Selat Bab al-Mandab, salah satu rute pelayaran tersibuk di dunia.

Syiah Houthi, yang memerangi pemerintah Presiden Yaman Abd Rabbu Mansour al-Hadi yang diakui secara internasional, membantah terlibat dalam upaya penyerangan sebelumnya terhadap USS Mason atau dekat USS Ponce, Ahad.

Namun para pejabat AS telah mengatakan kepada Reuters ada indikasi yang tumbuh bahwa pemberontak Syiah Houthi, meskipun mereka menyangkal, bertanggung jawab atas insiden hari Ahad.



Para pemberontak tampaknya menggunakan perahu ringan kecil sebagai pengamat untuk membantu mengarahkan serangan rudal ke arah kapal perang. Amerika Serikat juga menyelidiki kemungkinan bahwa sebuah stasiun radar di bawah kontrol Houthi di Yaman mungkin juga “melacak” USS Mason, membantu Houthi mendapatkan koordinat untuk melakukan serangan, para pejabat mengatakan.

Syiah Houthi, yang bersekutu dengan pendahulu Hadi, Ali Abdullah Saleh, mendapat dukungan dari banyak unit tentara dan mengontrol sebagian besar wilayah utara termasuk ibukota Sanaa.

Reuters melaporkan bahwa rudal jelajah untuk pertahanan wilayah pesisir yang digunakan terhadap USS Mason pada hari Ahad memiliki rentang yang cukup besar, menambah kekhawatiran tentang jenis persenjataan berat yang dipakai Syiah Houthi dan beberapa di antaranya diyakini pejabat AS dipasok oleh Iran.
loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==