Hadapi Rusia dan Assad, Oposisi Suriah Desak Pasokan Senjata Anti-Pesawat

Islam Pena - Kelompok oposisi utama Suriah pada hari Senin (10/10/2016)  menyerukan kepada sekutu asing mereka untuk memasok senjata ground-to-air dalam melawan serangan udara mematikan rezim Assad dan Rusia di Aleppo, World Bulletin melaporkan, Senin.

Pasukan rezim dan pesawat tempur Rusia telah meningkatkan serangan udara di Aleppo dalam beberapa pekan terakhir, menewaskan ratusan warga sipil dan meningkatkan kekhawatiran internasional yang luas.

Juru bicara HNC Salem al-Meslet mengatakan setelah pembicaraan bahwa oposisi saat ini bergantung pada “negara-negara sepersaudaraan dan teman-teman … untuk mengalahkan embargo senjata canggih yang dikenakan pada oposisi.”





Sekutu Arab Washington, yang dipimpin oleh Arab Saudi, telah bahwa pasukan oposisi yang bertempur melawan Assad diberikan senjata canggih seperti MANPADS – rudal anti-pesawat yang ditembakkan dari bahu.

Para ahli mengatakan pasokan senjata seperti ini mungkin dapat mengubah keseimbangan kekuasaan di medan perang dan membuat Damaskus lebih siap untuk berbicara, tetapi para pejabat AS khawatir senjata tersebut bisa jatuh ke tangan Jabhat Fath al Syam.

Riyadh berperan penting dalam formasi akhir tahun lalu HNC, yang menyatukan berbagai kelompok oposisi dan faksi politik oposisi.(DP)
loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==