KRONOLOGI ISLAMIC STATE (IS) DI IRAK DAN SURIAH HINGGA AGUSTUS 2016

Islampena - Anadolu Agency melaporkan, Ahad (04/09/2016) bahwa Islamic State (IS) baru-baru ini telah kehilangan 56 dari 126 posisi kunci mereka – termasuk beberapa pusat populasi besar – di Irak dan Suriah.

Menurut Perdana Menteri Irak Haidar al-Abadi, IS saat ini menguasai sekitar 14 persen dari total wilayah Irak dibandingkan dengan kira-kira sepertiga wilayah Irak yang mereka kuasai dua tahun lalu.

Seiring dengan kehilangan wilayah yang signifikan di Irak, IS baru saja kehilangan kota Jarabulus Suriah dekat perbatasan Turki dan kota pantai Sirte, Libya.

Beberapa pengamat melihat kerugian teritorial tersebut sebagai “awal berakhirnya” IS, namun beberapa orang lain memperkirakan kelompok itu berencana melancarkan serangkaian penarikan strategis dari posisi kunci sebelum mencoba berkumpul kembali di daerah lain.

KRONOLOGI ISLAMIC STATE (IS) DI IRAK DAN SURIAH HINGGA AGUSTUS 2016


Berikut ini adalah daftar kronologis dari kekalahan terbesar yang dialami oleh IS pada tahun ini.

Februari 2016: IS kehilangan wilayah Abu Gharib di utara Baghdad ke tangan pasukan Irak dan milisi Hashd al-Shaabi, sebuah kelompok payung milisi Syiah pro-pemerintah Irak.

Februari 2016: pasukan Irak merebut kendali kota Ramadi, yang direbut oleh IS pada bulan Mei tahun lalu.

Februari 2016: pasukan rezim Nushairiyah Suriah merebut lapangan gas Kabiba di kota Al-Shaddadah di provinsi timur laut Al-Hasakah.

Maret 2016: Pasukan Irak merebut kembali distrik kabisa di provinsi Anbar barat.

Maret 2016: IS kehilangan kota strategis Rutba di Irak barat ke tangan pasukan Irak yang didukung oleh koalisi internasional pimpinan aggressor AS.

Maret 2016: IS menarik diri dari kota kuno Palmyra di timur Damaskus, yang direbut pada bulan Mei tahun lalu.

April 2016: IS kehilangan pabrik semen Al-Badia di provinsi Rif Dimashq di tenggara Suriah.

April 2016: IS mundur dari kota Hit di tepi barat Sungai Efrat setelah menarik diri dari kota-kota Kabia dan Ruthba.

April 2016: IS menarik diri dari kota Al-Qaryatayn di provinsi Homs Suriah setelah kekalahan menyengat oleh pasukan rezim Syiah Assad.

Mei 2016: pasukan Irak merebut persimpangan Akashat jalan raya di barat kota Anbar, sehingga memotong jalur pasokan IS.

Mei 2016: IS mundur dari Karma al-Fallujah setelah operasi oleh milisi Syiah Hashd al-Shaabi.

Juni-Juli 2016: IS menarik diri dari Fallujah di barat Baghdad, yang mereka kuasai di awal 2014. IS kemudian mundur ke Mosul, yang sekarang menjadi kubu utama IS di Irak.

Juni 2016: IS kehilangan kota Sirte di Libya – terletak di sebelah timur Tripoli – setelah operasi militer selama sebulan oleh pasukan Libya.

Agustus 2016: IS kehilangan kota Manbij di utara Suriah setelah dua bulan pertempuran melawan milisi ektremis “Pasukan Demokratik Suriah (Syrian Democratic Forces-SDF)” yang didukung aggressor AS.

Agustus 2016: IS menarik diri dari kota Jarabulus di provinsi Aleppo barat laut Suriah di tengah operasi militer Turki yang diluncurkan dalam mendukung Tentara Pembebasan Suriah. (Qie)


loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==