Unpad Berlakukan Fingerprint Untuk Mahasiswa Baru

Mahasiswa News | Universitas Padjadjaran (Unpad) memiliki kebijakan baru dalam hal absensi bagi mahasiswa baru (maba). Para mahasiswa diwajibkan untuk melakukan registrasi sidik jari di mesin fingerprint. Ini merupakan kebijakan baru yang digunakan untuk mencatat kehadiran kuliah para mahasiswanya.

Ilustrasi


Direktur Pendidikan Unpad Prof Dr Budi Setiabudiawan, dr., SpA(K), M.Kes.menuturkan bahwa absensi fingerprint ini merupakan persiapan dalam rangka Tahapan Persiapan Bersama (TPB) bagi mahasiswa baru.

“Absen fingerprint ini terkoneksi dengan SIAT, sehingga akan ketahuan absensi setiap mahasiswa,” ungkapnya seperti dinukil dari laman Unpad.

Melalui TPB ini, setiap kelas nantinya akan diisi oleh sejumlah mahasiswa dari berbagai program studi. Penggunaan fingerprint ini bisa digunakan untuk seluruh mahasiswa.

“Jadi satu mesin fingerprint itu gabungan dari beberapa kelas,” ujarnya.

Pada proses registrasi administrasi ini, calon mahasiswa akan diminta untuk membawa sejumlah berkas yang telah ditentukan. Di antaranya biodata online yang sudah diverifikasi oleh petugas.

Selain itu, calon mahasiswa juga akan diminta untuk melakukan pemotretan untuk Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan akan mendapatkan nomor pokok mahasiswa (NPM).

Jika ada mahasiwa yang megalami kendala dalam proses registrasi administrasi, Unpad sudah menyiapkan meja kasus.

“Meja pelayanan ini juga akan membantu proses pemindahan program studi bagi calon mahasiswa baru yang terindikasi buta warna berdasarkan hasil tes kesehatan yang bersangkutan. Pemindahan prodi ini dilakukan bagi calon mahasiswa yang mendaftar di prodi yang mensyaratkan tidak buta warna,” tambahnya.





Sumber: Okezone
loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==