Ternyata, ini Tujuan Digratiskannya Biaya Kuliah di Fakultas Kedokteran UNPAD

Mahasiswa News | Kabar bahagia untuk para mahasiswa baru di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad). Kebijakan baru dari Unpad menyatakan bahwa mahasiswa baru  kini dibebaskan dari biaya kuliah. Tentunya pengeluaran kebijakan baru tersebut bukan tanpa alasan. Ada tujuan yang hendak dicapai melalui penggratisan fakultas kedokteran.

Biaya kuliah FK Unpad yang digratiskan pada tahun akademik 2016–2017, diharapkan dapat mejadi sarana untuk melakukan ikatan kerja. Para sarjana nantinya dapat didistribusikan sebagai tenaga dokter dan dokter spesialis di seluruh wilayah Indonesia. Program ini ditujukan guna membangun kembali muruah atau kehormatan diri dan nama baik pengabdian seorang dokter.

Dok. Unpad


"Tanpa atau adanya penandatanganan perjanjian tadi, muruah pengabdian itu harus sudah muncul cukup kuat,” ungkap Rektor Unpad, Profesor Tri Hanggono Achmad pada Selasa (2/8/2016).

Biaya pendidikan di kedokteran yang mahal seringkali dijadikan sarana “investasi”. Akibatnya, praktik kedokteran justru menjadi ajang mencari keuntungan yang dapat mengembalikan biaya kuliah. Cara pandang inilah yang membuat sikap pengabdian semakin luntur.

“Kami bertekad sungguh-sungguh untuk menghasilkan dokter yang tidak biasa. Dengan proses pendidikan pun kami bangun model pendidikan yang juga tidak biasa. Kami paparkan mereka pada tantangan pengabdian yang sebenarnya,” ucap rektor Unpad. 

Atas dasar itulah Unpad menggratiskan biaya kuliah sampai lulus bagi seorang dokter dan dokter spesialis. Tri menuturkan, tujuannya agar para mahasiswa bisa menjadi model dalam pedidikan tersebut. Ia juga berjanji untuk tidak akan mengeluarkan ijazah bagi mahasiswa yang tak siap mengabdi. (unpad/MN)
loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==