Saudaraku, Selalu Ingatkan Aku Dalam Kebaikan...!

Islampena - Mari kita duduk bersama meningkatkan iman, saling tolong menolong, sehingga akan menjadi nyata ukuran persaudaraan ini. Mari kita saling menghargai waktu sebab ia adalah kehidupan, ia moral manusia yang nantinya akan dihisab di hari akhir nanti. Jika engkau benar­benar menginginkan kebaikanku, maka jangan memuji dihadapanku, sebab ku takut pujian tersebut akan membuatku takabur.

Peliharalah kehormatanku sebagaimana aku menjagamu, janganlah engkau menggunjingku atas nama apa­pun, walaupun itu demi kebaikan­ku, bayangkan seakan dirimu adalah aku. Bagaimana perasaan­mu terhadap­ku jika kamu mendengar aku menceritakan keburukan­mu?.


Ilustrasi


Dan janganlah engkau mengambil sesuatupun dariku tanpa ada kerelaanku, sebab aku malu untuk memintanya kembali. Janganlah berprasangka buruk padaku, sebab itu dusta, sehingga jangan menghukumku atas dasar prasangka tersebut. Segeralah datang padaku, sehingga aku dapat menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi.

Saudaraku, yakinkan dulu perkataan yang akan kamu sampaikan kepada orang lain, janganlah menyampaikan sesuatu hal yang engkau belum yakini kebenarannya. Janganlah jadikan pendengaranmu sebagai sumber utama memperoleh pengetahuan, akan tetapi nyatakan dan lihatlah sendiri dengan penglihatanmu.

Mungkin suatu saat aku berbeda pendapat denganmu, maka janganlah sampai membuatmu menjauh dariku, sebab dalam batas tertentu itu bukanlah cela, tetapi realita hidup akibat perbedaan watak, tabiat dan cara berfikir kita. Dan ingatlah aku adalah manusia biasa yang tidak lepas dari kesalahan dan kekurangan, jika aku berbuat salah padamu jangan berpaling dariku.

Tak perlu kita kecewa apabila mendapatkan kritik dari orang lain, hendaknya kita berlapang dada dan menerimanya selagi itu untuk kebaikan kita.

Jika kita mengajak baik dan melarang kemungkaran pada orang lain, maka kita harus memulainya dari diri kita sendiri. Fanatiklah dalam kebaikan, akan tetapi jangan fanatik pada seseorang meskipun ia adalah orang yang paling dekat denganmu. Hendaknya kita mengukur dan menimbang sesuatu atas dasar kebenaran dan bukan atas dasar seseorang.

Apabila engkau berbuat baik padaku janganlah engkau sebut­sebut kebaikan itu padaku, sehingga hatiku terluka karenanya, biasakan memberi tanpa meminta balasan. Persaudaraan adalah hutang, bukanlah harta hasil rampasan. Selalu­lah menganggap besar pemberian orang lain dan menganggap kecil pemberianmu. Mungkin rumah kita saling berjauhan, maka janganlah itu menjadi penghalang bagi persaudaraan kita.

Janganlah membuat janji padaku tetapi engkau mengingkarinya, bayangkan jika aku berbuat begitu padamu. Mungkin diriku mengalami cobaan, maka jangan menjauh dan membiarkanku meskipun kamu termasuk orang yang lebih menderita, sehingga dukaku tak kian bertambah.

Temanilah aku dalam kegembiraan dan kesusahan, jangan membiarkanku dalam kedukaan, segeralah melihatku sehingga kegembiraanku takkan padam saat suka ria dan kesedihanku tak bertambah ketika duka cita. Berbuatlah untuk mempererat tali persaudaraan diantara kita, dan bersama­sama menambah rasa cinta kita pada saat terdapat masalah apapun, sesungguhnya cinta akan mampu menghadapinya.

Saudara Fillahku, Ingatkan aku jika aku sedang lupa, Ingatkan diriku akan mati, Ingatkan aku akan hakikat dunia, Ingatkan aku akan ibadah, Ingatkan aku jika kamu melihat aku melupakannya dan jangan pernah bosan walaupun aku melakukan kesalahan yang sama. Kebersamaan akan membuat semangat hidup untuk melakukan yang terbaik dari waktu ke waktu, demi masa hidup cuma satu kali ajarkan aku untuk tidak menyia­nyiakannya.

Oleh:

Nani Norni Diani

loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==