Pengertian Air Musta’mal dan Hukumnya

Islampena - Air musta’mal adalah air yang jatuh dari anggota tubuh orang yang berwudhu atau mandi besar. Hukum air musta’mal adalah thahûr, suci dan menyucikan, seperti air mutlak. Hal itu karena pada mulanya, air tersebut memang suci dan menyucikan. Tidak ada dalil yang menyatakan bahwa air musta’mal berubah dari kondisi asalnya, yaitu thahûr.

Rubayyi’ binti Mu’awwidz meriwayatkan bahwa Rasulullah Saw. mengusap kepala beliau dengan air wudhu yang tersisa di tangan beliau. Dalam redaksi yang berbeda Abu Dawud meriwayatkan bahwa Rasulullah Saw. mengusap kepalanya dengan sisa air yang masih ada di tangan beliau.

Ilustrasi


Abu Hurairah r.a. meriwayatkan bahwa ia bertemu dengan Rasulullah di salah satu lorong di Madinah. Ketika itu, ia sedang junub. Ia menghindari Rasulullah, kemudian mandi besar, lalu mendatangi Rasulullah. Beliau berkata kepada Abu Hurairah, “Mau pergi ke mana, wahai Abu Hurairah?” 
Abu Hurairah menjawab, “Saya junub, dan saya tidak mau berkumpul dengan kalian dalam keadaan tidak suci.” 

Rasulullah berkata, “Mahasuci Allah! Sungguh, orang mukmin itu tidaklah najis.” 

Hadits di atas menegaskan bahwa seorang mukmin tidak najis. Karena itu, ia tidak akan membuat air menjadi tidak suci hanya dengan menyentuh atau memakainya (berwudhu ataupun mandi besar). Hal itu karena pertemuan sesuatu yang suci dengan sesuatu yang suci tidaklah memberikan dampak apa pun.

Ibnu Mundzir menceritakan, “Para ulama seperti Ali, Ibnu Umar, Abu Umamah, Atha’, Hasan, Makhul, dan Imam Nakha’i mengatakan bahwa orang yang lupa untuk mengusap kepalanya, kemudian ia ingat, dan masih ada sisa air di janggutnya, ia bisa mengucap kepalanya dengan air itu. “

Hal itu membuktikan bahwa para ulama berpendapat bahwa air musta’mal bisa menyucikan, dan penulis sependapat dengan mereka. 

Pendapat ini juga merupakan salah satu pendapat dari madzhab Syafi’i dan Maliki. Ibnu Hazm mengatakan bahwa pendapat ini adalah pendapat Sufyan ats-Tsauri, Abu Tsaur, dan para ulama tekstualis. (Qie)
loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==