Mobil Cepat "Sapu Angin" ITS Siap Bertarung di Jepang

Mahasiswa News | Pada awal September, tim mobil sapu angin Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) akan kembali berlaga. Mengandalkan mobil sapu angin speed (SAS), mereka siap unjuk gigi pada ajang Student Formula Japan (SFJ) di Shizuoka, Jepang.

Humas tim SAS, Ardoldus Adro Pradhito menjelaskan, mobil SAS kini sudah siap diadu. Hal tersebut ditandai dengan peluncuran SAS generasi empat di TS Cafe Surabaya Town Square yang turut dihadiri Rektor ITS, Prof Ir Joni Hermana MSc ES PhD; Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini MT; dan General Manager MOR V Pertamina Lubticant, Ageng Giriyono.

Dosen pembimbing sapu angin (SA), Ir Witantyo M, Eng, Sc menyebut, tahun ini SAS menargetkan untuk masuk 10 besar. Dia pun optimis lantaran tahun lalu timnya mampu mencapai peringkat ke-47.

“Alhamdulillah tidak mengalami masalah, malah melampaui target di mana untuk menjadi juara paling tidak harus mencapai 20 lap. Selanjutnya kami akan melakuan uji kecepatan,” ujarnya dilansir dari laman ITS, Selasa (23/8/2016).

Dok. ITS


Selain telah menjalani berbagai perbaikan, tim juga memberikan sentuhan warna baru pada mobil yang mirip dengan motor milik pembalap Valentino Rosi tersebut.

“Selama pembuatan SAS, tidak mengalami kendala yang berarti. Kami hanya terkendala oleh waktu, di mana mahasiswa dituntut untuk menyelesaikan empat kali kompetisi dalam satu tahun,” ucap Humas Tim SA, Ardoldus Adro Pradhito.

Adro menambahkan, dalam kompetisi kali ini SAS memiliki tiga keunggulan baru, yakni pada knalpot yang merupakan rakitan tangan. Kedua, pada material mobil yang sebelumnya menggunakan body fiber glass kini menggunakan karbon fiber yang lebih ringan dan kuat.

“Dan yang terakhir adalah pada sasis. Untuk desain sasis, SAS 4 dapat mengurangi bobot dan lebih rigid yang semuanya bertujuan untuk meningkatkan performa,” tambahnya. 
loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==