Menristekdikti Sediakan 2.300 Beasiswa S-2 dan S-3 Dalam dan Luar Negeri

Mahasiswa News | Dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di Perguruan Tinggi, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, melalui Muhammad Nasir menyampaikan bahwa pihaknya menyediakan beasiswa untuk 2.300 mahasiswa S-2 dan S-3 di dalam serta luar negeri.

“Untuk dalam negeri ada sebanyak 2.000 yang disiapkan beasiswanya dan luar negeri ada 300 orang. Ini bentuk revitalisasi dunia perguruan tinggi, sebab di daerah kita ini masih banyak tingkat sarjana, makanya kita dorong untuk S-2 dan S-3,” ungkapnya setelah memberikan kuliah umum kepada mahasiswa baru pascasarjana di Gedung Convention Hall Universitas Andalas (Unand) Padang, Jumat (12/8/2016).



Tidak hanya itu saja, Menteri Nasir juga menyediakan dana riset sebanyak Rp1,5 triliun, dan Rp250 miliar untuk inovasi. “Kemarin saya memberikan bantuan kepada mereka yang 40 industri inovasi, mulai Rp200 juta sampai Rp250 juta untuk menjadi industri betul,” ungkapnya.

Pemberian beasiswa, dana riset, dan inovasi ini merupakan salah satu langkah untuk menyelesaikan masalah Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia. Banyak hal yang menjadi penyebab lemahnya PT mulai dari sumber daya manusia hingga masih kecilnya anggaran.

“Kemudian masih banyak tingkat sarjana, makanya kita dorong S-2 dan S-3 supaya para peneliti kita makin meningkat kemamupuan mendidik juga terbatas, laboratorium kita terbatas sangat banyak ketinggalan kita harus revitalisasi semuanya,” pungkas Menteri Nasir. (Rit/MN)
loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==