Kisah Widia Savitri Wujudkan Cita-Cita Belajar ke China

Mahasiswa News | Widia Savitri, mahasiswi Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya Lampung, dalam waktu dekat akan mewujudkan mimpinya belajar ke luar negeri. Hal tersebut berkat keikutsertaannya menjalani Program Student Mobility di Nantong Vocational University (NTVU) China.

"Alhamdulillah, saya senang dan bersyukur bisa memperoleh kesempatan mengikuti Program Student Mobility ke China, dan berangkat pada 25 Agustus," ujar Widia, seperti dikutip dari Antara, Rabu (3/8/2016). 

Ilustrasi: Tembok China


Tak hanya mendapatkan pengalaman belajar ke luar negeri, kesempatan tersebut juga menjadi kebanggaan bagi keluarga Widia. Pasalnya, mahasiswi jurusan teknik informatika ini memperoleh beasiswa dari IBI Darmajaya untuk mengikuti Program Student Mobility VI yang akan berlangsung selama satu semester mulai Agustus 2016 sampai Januari 2017.

Widia sendiri merupakan mahasiswa yang sederhana. Sang ayah berprofesi sebagai sopir mobil pikap. Namun, hal itu tak lantas membuat penerima Bidikmisi tersebut patah semangat untuk mengejar mimpinya, bahkan menjadi motivasi untuk menjadi kebanggaan keluarga. 

"Saya berusaha belajar dengan bersungguh-sungguh supaya meraih prestasi akademis yang memuaskan. Selain itu, saya juga aktif mengikuti study club yang digelar Kantor Urusan Hubungan Internasional Darmajaya agar menambah kemampuan dalam berbahasa asing," ujarnya.

Gadis kelahiran 20 Januari 1996 ini menyatakan sangat tertarik mendatangi negara berjuluk Negeri Tirai Bambu itu. Menurutnya, China merupakan negara yang sangat maju dan berkembang pesat di bidang teknologi, pendidikan, industri, dan lainnya.

"Saya sering melihat China dari film, berita di televisi, dan buku. China dikenal dengan ragam kebudayaan yang menarik. Selain itu juga memiliki penemuan-penemuan teknologi yang modern dan canggih, saya jadi ingin sekali naik kereta api tercepat di China," imbuh anak pertama dari dua bersaudara itu.

Kepala Kantor Urusan Hubungan Internasional (KUHI) IBI Darmajaya, Rahmalia Syahputri, mengungkapkan tak hanya Widia, Program Student Mobility ke Nantong Vocational University China juga diikuti Resti Riana Putri dari jurusan sistem informasi.

Selain NTVU, Program Student Mobility VI itu juga akan diikuti empat mahasiswa lainnya ke Rajamangala University of Technology Krugthep (RUTK) Thailand. Mereka adalah Christine Dian Pertiwi dan Ribka dari jurusan akuntansi serta Zainudin dan Ronal Diantry dari jurusan manajemen.

Sebelum keberangkatan, mereka terlebih dahulu menjalani proses pembekalan meliputi kemampuan bahasa Inggris, akademis, pengetahuan budaya, dan adat sopan santun sesuai dengan negara yang akan didatangi.

"Diharapkan mahasiswa bisa lebih siap dan memanfaatkan kesempatan belajar di luar negeri ini dengan sebaik mungkin dalam menambah pengetahuan, pengalaman, serta memperluas wawasan internasional," tandasnya. 
loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==