Kisah Wanita Shalihah yang Ahli Ibadah (Ummu Habibah)

Islampena - Nama aslinya adalah Ramlah binti Abu Sufyan. Dia dilahirkan 17 tahun sebelum Muhammad diutus menjadi Nabi. Sebelumnya dia dinikahi oleh Ubaidillah bin Jahsy dan dikaruniai anak yang diberi nama Habibah.

Lalu keduanya masuk Islam dan hijrah ke Habsyah. Tetapi setiba di Habsyah, suaminya Ubaidillah bin Jahsy beralih memeluk agama Kristen dan keluar dari Islam. Karena itu, Ummu Habibah kemudian menceraikannya. Ubaidillah tinggal di Habsyah hingga dia meninggal di sana dalam keadaan Kristen. 




Ilustrasi


Ummu Habibah tetap setia pada Islam. Lalu Nabi mengirim utusan ke Habsyah untuk meminangnya. Kemudian Raja Najasyi menikahkannya untuk Nabi dengan mas kawin sebesar 4.000 dirham. Dia juga mengirim Syurahbil bin Hasanah buat menemaninya kembali ke Madinah menemui Rasulullah. 

Tatkala Abu Sufyan datang ke Madinah dan Nabi ingin menyerang Makkah, Abu Sufyan berbicara kepada Nabi agar menambah waktu berdamai, namun beliau menolaknya. Lalu Abu Sufyan mendatangi putrinya, Ummu Habibah.

Ketika dia ber­anjak untuk duduk di atas tempat tidur Nabi, Ummu Habibah mendorongnya ke bawah. Abu Sufyan berkata, “Anakku, aku ingin berbaring di tempat tidur ini.” Maka Ummu Habibah berkata, “Ini adalah tempat tidur Rasulullah dan kau adalah orang yang kotor.” (Qie)
loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==