Karomah (Ummu Syuraik)

Islampena - Ibnu Abbas mengisahkan bahwa Islam masuk ke dalam hati Ummu Syuraik, lalu dia masuk Islam. Saat itu, dia berada di Makkah men­ja­di istri Abul Askar al-Dusi. Diam-diam dia men­datangi wanita-wa­ni­ta Quraisy, mengajak mereka masuk Islam, lalu usahanya itu ter­ci­um pen­duduk Makkah. Kemu­di­an mereka menangkapnya dan meng­an­cam, “Kalau bukan karena kaummu, kami akan membunuhmu, te­ta­pi ka­mi akan mengembalikanmu pada mereka.”

Ilustrasi




Ummu Syuraik bercerita, “Lalu mereka membawaku de­ngan unta dan di sekitarku tidak ada sesuatu pun. Mereka membiarkanku selama tiga hari, tidak memberiku makan dan minum. Ketika mereka sampai pada satu rumah, mereka menjemurku di bawah matahari dan mere­ka berteduh di bawahnya. Me­re­ka juga tidak memberiku makan dan minum barang sedikitpun. Seketika aku merasakan sesuatu yang dingin di dadaku, lalu aku meraihnya. Ternyata itu adalah sebuah timba. Aku meminumnya sedikit lalu timba itu tercabut dariku dan naik, lalu kembali lagi dan aku raih lalu aku minum darinya, kemudian dia naik lagi. Begitu terus sampai aku kenyang dan seluruh badan dan pakaianku basah. Ketika mereka bangun, mereka mendapatkan bekas air dan mereka melihatku baik-baik saja.” 

Mereka bertanya, “Engkau melepaskan dirimu lalu meng­am­bil tem­pat air kami dan meminumnya?” Ummu Syuraik menjawab, “Demi Allah, tidak.” Lalu dia menceritakan semua yang terjadi. 

Mereka berkata, “Jika kamu benar, maka agamamu lebih ba­ik daripada agama kami.” Ketika mereka melihat wadah mi­num, mereka men­dapatinya seperti sedia kala, dan saat itu juga mereka masuk Islam. (Qie)
loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==