Ini Tips Jitu Mahasiswa Cari Tempat Kos Murah dan Nyaman!

Mahasiswa News | Bagi mahasiswa rantau, kos menjadi pilihan di saat hidup jauh dari orangtua namun, memilih tempat kos yang nyaman tentu tidak mudah. Banyak hal yang harus diperhatikan, seperti jarak dengan kampus, aturan yang diterapkan oleh ibu kos, hingga teman satu kos atau kamar dan masih banyak lainnya.

Seorang fresh graduate bernama Soraya menceritakan, pada awalnya ia memilih kos yang ada di dekat kampusnya. Namun seiring berjalannya waktu, biaya kos semakin mahal. Sehingga saat tingkat akhir, wanita asal Lampung ini memutuskan untuk mengontrak rumah bersama teman-temannya.

“Akhirnya saya cari tempat yang senyaman kos, tetapi lebih murah. Sayangnya tidak ada, akhirnya pilih kontrak rumah,” ujarnya kepada Okezone, belum lama ini.



Ilustrasi



Kontrak Lebih Leluasa dan Jauh Lebih Hemat

Wanita muda yang akrab disapa Aya ini menuturkan, rumah kontrakannya terdiri atas tiga kamar. Satu kamar bisa diisi oleh dua orang. Jadi dalam satu rumah tersebut ditempati oleh total enam mahasiswa.

“Karena banyak, jadi sewa rumah per anak jadi murah. Selain itu, lebih leluasa untuk masak sendiri dibandingkan saat ngekos,” terangnya.

Alumnus IPB 2015 itu mengungkapkan, banyak kelebihan yang dia peroleh saat mengontrak bersama. Pertama, suasana akan jauh lebih ramai karena tak sulit cari teman mengobrol. Di samping itu, dia juga lebih mudah mencari bantuan ketika sakit atau situasi darurat lainnya.

Tapi, Ada Juga Sisi Negatifnya

“Tetapi ada juga negatifnya, seperti rebutan kamar mandi apalagi kalau kuliah di jam yang sama. Kemudian karena milik bersama, jadi kalau dapur kotor tidak bisa saling menyalahkan. Untuk itu, kita harus cari teman ngontrak yang asyik,” ujarnya.
loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==