Empat Sifat Al-Qur’an

1. Nasehat dan peringatan. 
Al-Qur’an telah mengabarkan kepada kita semua dengan akhlak-akhlak terpuji, mendorong untuk mengerjakannya, menjelaskan hasil baik dari akhlak tersebut, memaparkan akhlak-akhlak tercela, melarang melakukan-nya dan menjelaskan akibat buruk dari akhlak tersebut.

2. Obat bagi penyakit yang ada dalam hati.
Al-Qur’an telah menjelaskan kebenaran dan mem-berikan bukti-bukti yang bisa menentramkan jiwa-jiwa yang lemah. Juga menjelaskan tentang kebatilan dan memberikan bukti tentang kejelekan dan kewajiban meninggalkannya.

Al-Qur’an tidak menyediakan ruang yang bisa ditempati segala penyakit hati dalam hati orang-orang yang berakal, yang sadar. Karena itulah ia (al-Qur’an) adalah obat untuk segala jenis penyakit yang ada di dalam hati, seperti kebodohan, keraguan, kesyirikan, kemunafikan dan lain-lain yang masuk dalam kategori yang buruk, sehingga ia seakan-akan adalah obat itu sendiri.

3. Petunjuk.
Al-Qur’an memberi petunjuk ke jalan kebenaran dan keyakinan, dengan menunjukkan bukti-buktinya, seakan-akan ia adalah petunjuk tersebut.

4. Rahmat bagi orang-orang yang beriman.
Orang-orang yang beriman benar-benar telah selamat dari gelapnya kekufuran dan kesesatan menuju cahaya iman. Mereka berganti dari orang yang berhak menerima adzab saat kufur, menjadi orang yang berhak mendapat-kan Surga yang telah disiapkan karena keimanan mereka.

Ilustrasi


Kembali kita baca ayat yang telah disebutkan:

 “Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman.” (QS: Yunus [10]: 57).

Esensi ayat tersebut adalah panggilan dari Allah Yang Maha Suci untuk semua umat manusia. Telah datang kepada kalian al-Qur’an yang agung ini, yang merupakan nasehat dari Tuhan kalian, Pencipta kalian. Ia bisa menyembuhkan penyakit yang ada di dalam hati kalian, seperti keraguan dan kebodohan, serta menyelamatkan kalian dari kesesatan. Di dalamnya terdapat rahmat dari Allah Yang Maha Pengasih untuk semua orang yang beriman.

Tidakkah Anda lihat bagaimana al-Qur’an mengumpulkan faedah-faedah yang agung, sepert:
1.  Nasehat 
2.  Peringatan untuk mentauhidkan 
3. Obat penangkal akidah-akidah sesat yang ada dalam hati 
4. Panggilan kepada kebenaran
5. Rahmat bagi orang-orang yang beriman

Lalu, apa yang membuat kita tidak mau menerima al-Qur’an dan meminta kesembuhan bagi penyakit-penyakit yang ada dalam hati kepada Tuhan kita? (Qie)

loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==