Di Abad ke-21, Inilah yang Dibutuhkan Mahasiswa

Mahasiswa News | Sebagai mahasiswa, bisa lulus tepat waktu dengan nilai IPK yang memuaskan tidaklah cukup. Apalagi persaingan di dunia kerja pun semakin ketat, membuat kita harus mendorong diri untuk terus meningkatkan kemampuan.

Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa), Intan Ahmad menuturkan bahwa di abad ke-21 ini mahasiswa jangan hanya mengejar kelulusan.

"Kemampuan berpikir kritis juga harus dilatih. Mahasiswa juga perlu tahu mengenai masalah sosial," ungkapnya di Gedung BPPT, Jakarta, sebagaimana dilansir okezone.

Di abad ke-21 ini, pendidikan yang ada jangan hanya menghasilkan manusia yang cerdas secara akademik saja. Karena masalah tidak bisa diselesaikan hanya dengan teknologi dan sains. "Sehingga mahasiswa juga perlu memiliki pengetahuan tentang sosial. Seperti berempati, itu kan tidak diajarkan di kelas, tapi dirasakan," ujarnya.

Intan berharap pembelajaran yang dilakukan para dosen di kelas juga diimbangi dengan pengetahuan yang patut untuk diketahui mahasiswa. "Misalnya dosen mengajar 50 menit, ya 10 menitnya itu bisa untuk memberikan motivasi. Atau membahas mengenai masalah ekonomi, kenapa ekonomi kita bisa melambat?," imbuhnya.

Ilustrasi



Hal itu yang yang sedang didorong oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti), sehingga kedepannya mahasiswa bisa mendapatkan banyak ilmu bukan hanya di kelas tapi juga di luar kelas.

"Ada banyak mahasiswa yang ingin mendapatkan nilai bagus, tapi ada hal lain yang bisa dicapai mahasiswa selain daripada nilai," tambahnya.
loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==