Cari Pengalaman, Mahasiswa Unpad Ini Studi ke Jepang

Mahasiswa News | Kesempatan untuk bisa merasakan studi di luar negeri pasti menjadi keinginan setiap mahasiswa. Selain bisa mendapatkan suasana belajar yang baru, pengalaman itu sekaligus menambah wawasan karena dengan begitu kamu akan mendapatkan teman dan pengajar-pengajar baru di kampus tersebut.

Seperti yang dirasakan oleh dua mahasiswa Universitas Padjadjaran (Unpad), Dheanara Pinka (Agribisnis 2013) dan Azhar Isti Hanifah (Fisika 2013) yang akan mengikuti perkuliahan di Jepang. Azhar akan belajar di Jepang dengan program Junior Year Programme in English (JYPE) dari Tohoku University. Sementara Pinka akan menjalani program fall semester selama enam bulan pada bidang Agriculture.

Program JYPE ini merupakan kelas internasional yang memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk mendapatkan individual research training.

“Untuk program fall, luaran program individual research training-nya berupa abstrak penelitian saja. Sedangkan untuk program fall dan spring, luarannya berupa laporan akhir penelitian,” ungkap Azhar seperti dinukil dari laman Unpad, Senin (29/8/2016).

Dok. Unpad


Pada program individual research training ini, Azhar berencana ingin melakukan penelitian pada skripsinya yang terkait denan superkonduktor. Bidang ini sendiri nantinya aklan menjadi fokus kajian di bidang Fisika Material.

"Kalau saya masih melihat kemungkinan riset yang bisa dilakukan di sana. Setelah berkonsultasi dengan dosen pembimbing, sampat saat ini bisa melakukan skripsi di sana,” ujar Pinka.

Kedua mahasiswa itu telah memiliki gambaran mengenai bagaimana sistem perkuliahan yang akan dijalaninya di Jepang. Azhar berpendapat bahwa tipikal akademisi di Jepang memiliki kedisiplinan tingkat tinggi serta sangat menghargai waktu.

Sementara itu bagi Pinka, pengalamannya ini dia jadikan sebagai ajang untuk mencari pengalaman sebagai mahasiswa internasional. "Ini adalah kesempatan pertama untuk bisa merasakan kuliah di luar negeri. Saya inginnya tidak menjadi mahasiswa yang diam saja di kelas, tetapi ikut jadi international student,” imbuhnya.
loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==