Barak Militer Taiz Dibebaskan Pasukan Yaman dari Kepungan Milisi Houthi

Islampena - Lingkungan timur yang meliputi kamp militer al-Mkelkl di kota Taiz yang terkepung telah dibebaskan dari pemberontak Houthi yang didukung Republik Syiah Iran pada hari Jumat, penduduk dan koresponden Al Arabiya News Channel melaporkan, Jumat (19/08/2016).

Barak Militer Taiz Dibebaskan Pasukan Yaman dari Kepungan Milisi Houthi


Pasukan yang setia kepada pemerintah Presiden Abed Rabbu Hadi yang diakui PBB dengan dukungan dari Koalisi yang dipimpin Arab Saudi membebaskan lingkungan Sala, Mohamed al-Muntasir, warga setempat, mengatakan kepada Al Arabiya English.

Muntasir mengatakan kemajuan pasukan Yaman ke daerah yang dikendalikan milisi lambat karena kepadatan di daerah pemukiman dan daerah pegunungan.”

Kota barat daya Taiz terletak di antara ibu kota Sanaa yang dikuasai Syiah Houthi dan kota pelabuhan selatan Aden, yang telah direbut kembali oleh loyalis Hadi dari pemberontak Houthi.

Seorang aktivis yang berbicara dengan syarat anonim mengatakan kepada Al Arabiya English bahwa milisi Houthi secara acak mulai mengepung wilayah pemukiman pada hari Kamis setelah kehilangan beberapa posisi strategis di bagian barat Taiz.

Taiz telah terjun dalam krisis kemanusiaan serius setelah mengalami pengepungan Houthi berbulan-bulan dengan peringatan PBB atas kekurangan makanan dan obat-obatan.

Pekan lalu Koalisi Arab kembali meluncurkan Operation Restoring Hope melawan pemberontak Houthi dan sekutu mereka yang setia kepada Presiden Yaman terguling Ali Abdullah Saleh setelah pembicaraan damai di Kuwait yang disponsori PBB berakhir gagal tanpa kesepakatan.

Pertempuran itu telah menyebabkan lebih dari 6.400 orang tewas – setengah dari mereka warga sipil. (Qie/Al Arabiya/Islampena)
loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==