10 KEUNGGULAN KULIAH MAGISTER (S2) YANG WAJIB KAMU KETAHUI

Mahasiswa News | Setelah mendapatkan gelar sarjana, biasanya seorang freshgradute langsung mencari lowongan pekerjaan agar tidak menjadi pengangguran. Atau ada juga yang ingin meminang calon istri terlebih dahulu. Tetapi ada juga yang masih ragu-ragu untuk melanjutkan ke jenjang Master, karena berpikir tentang masalah biaya. Jadi, daripada menggunakan lagi uang dari orang tua, lebih baik bekerja dan menghasilkan uang sendiri.

Sahabat, pada jaman sekarang ini jangan terjebak di dalam keraguan yang pada akhirnya akan membuatmu rugi. Ada banyak beasiswa terhampar dimana-mana. Dalam negeri? Luar negeri? Ada! Jangan khawatir, kamu tinggal siapkan kualitas diri kamu sebaik mungkin. 

Buat kamu yang masih ragu-ragu, dibawah ini ada 10 keuntungan kuliah S2 yang patut kamu pertimbangkan. Check it out!



1. Menunjukkan bahwa Anda lebih unggul

Kebanyakan setiap orang yang Anda temui sekarang memiliki gelar sarjana, menjadikan hal ini semakin kompetitif dan lebih susah dalam mencari pekerjaan yang Anda idamkan. Untuk dapat lebih menonjol dari yang lain, gelar Master akan memperlihatkan bahwa Anda memiliki sesuatu yang lebih dibanding yang lain. Tentu saja selalu ada pertanyaan mengenai biaya, tetapi dengan banyaknya beasiswa yang tersedia, membuat pilihan Master layak dipertimbangkan.

2. Kesempatan mengejar impian Anda

Jika mahasiswa dijarkan tentang teori pada waktu kuliah, di level Master, Anda memiliki kesempatan menelusuri minat Anda dan menggunakan teori didalam praktek nyata. Jika Anda punya pandangan tentang perdagangan manusia, maka ini saatnya Anda aktif beradvokasi mengenai apa yang Anda percayai di desertasi akhir tahun Anda (yang bisa membantu Anda mendapatkan pekerjaan di beberapa grup internasional hak asasi manusia), menyelenggarakan kampanye dan mengikuti penempatan kerja. Menurut deputy head of Careers, Employability and Enterprise Centre di Durham University, Tom Davie: “Memiliki gelar Master ditambah pengalaman kerja memungkinkan Anda mendapat pekerjaan dengan LSM, tetapi dengan lulusan sarjana dan sedikit pengalaman kerja kesempatan Anda mungkin tidak memiliki kesempatan.”

 3. Perusahaan Besar Sains dan Teknik menyukai pemegang gelar pascasarjana

Jaguar Land Rover menerima sekitar 250 lulusan Master atau PhD setiap tahunnya. Perusahaan yang berfokus pengembangan sains dan teknik lebih memilih lulusan dengan keterampilan teknikal dan praktikal. Kebanyakan lulusan Master memiliki pengetahuan lebih luas dibandingkan dengan lulusan sarjana.

4. Memiliki keahlian praktikal

Lulusan Master lebih menarik pada pemberi kerja dikarenakan mereka memiliki keahlian yang dapat dialihkan seperti persuasi dan mempengaruhi, pemecahan masalah, analisis dan riset, serta keahlian presentasi. Riset yang diterbitkan memperlihatkan kesempatan mendapat kerja yang lebih tinggi bagi lulusan Master dalam waktu enam bulan setelah kelulusannya dibanding mereka yang lulusan Sarjana.

5. Posisi kerja dan gaji yang lebih tinggi

Lulusan Master yang mendaftar kerja mendapatkan level yang lebih tinggi, atau segera naik pangkat. Penelitian menunjukkan profesional dengan lulusan Master rata-rata, melakukan pekerjaan lebih baik daripada lulusan Sarjana. Ini menjelaskan mengapa pemberi kerja lebih mengutamakan pelamar dengan gelar pascasarjana. 

6. Mengubah jurusan sarjana Anda dengan ‘kursus konversi’

Untuk mereka yang sudah memiliki gelar sarjana dan ingin mengganti jurusan, kursus konversi dapat memberikan Anda kesempatan untuk masuk ke area karir yang baru. Kursus konversi memungkinkan Anda menelusuri bidang profesional dan menambah kesempatan kerja Anda. Kursus konversi meliputi psikologi, teknik informatika dan hukum. Terkadang mahasiswa dapat menggabungkan keahlian mereka dalam bidang sebelumnya dengan jurusan yang baru – lulusan ilmu sosial dapat memilih menggabungkan pengetahuan TI ke spesialisasi di bidang ekonomi atau model finansial.

7. Mendapatkan pengalaman kerja riil dan membangun koneksi

Perbedaan dari perkuliahan Sarjana dan Master adalah perkuliahan Master sebagian besar menghabiskan waktu di lapangan daripada dalam kelas. Baik itu untuk magang, atau penelitian, perkuliahan Master lebih banyak berinteraksi dengan orang dan masyarakat.
Ini adalah kesempatan berharga untuk mendapatkan pengalaman kerja, menerapkan ilmu yang dipelajari dalam dunia riil, serta kesempatan untuk mengenal orang dan membangun koneksi, yang nantinya akan sangat menentukan kesuksesan di masa depan.

8. Persiapan untuk gelar PhD  

Jika Anda ingin meneruskan ke gelar PhD (atau S3), perkuliahan Master adalah persiapan yang ideal. Karena Anda akan diajarkan pengetahuan dan keahlian khusus yang mendetil untuk melanjutkan ke perkuliahan PhD, yang melibatkan penelitian. Dengan memiliki gelar Master juga dapat memperbesar kemungkinan Anda untuk mendapatkan beasiswa atau bantuan dana dari organisasi atau badan yang bersangkutan.

9. Menjadi bagian dari para intelek

Mengambil perkuliahan Master tentunya akan mengantarkan Anda ke dunia para intelek, yang menyukai ilmu, memiliki banyak pengalaman menarik, serta latar belakang yang beragam. Mengenal lebih banyak orang berarti Anda tahu lebih banyak, berkesempatan untuk membangun koneksi yang lebih luas, yang dapat digunakan untuk membantu karir Anda nanti.

10. Investasi yang berharga

Kuliah Master adalah investasi yang sangat pantas. Dalam satu tahun yang singkat, Anda akan mendapatkan pengalaman kerja, mengenal banyak orang, belajar menerapkan teori di dunia riil, membangun koneksi, sehingga Anda semakin siap untuk memasuki pasaran kerja yang kompetitif. 

Gimana, masih ragu? Kembali pada dirimu sendiri! Gunakan masa mudamu dengan sebaik mungkin. Raih beasiswa-beasiswa bergengsi di luar sana dan dapatkan gelar Master yang kamu impikan. Supaya kamu bisa menjadi bagian dari orang-orang hebat! Semoga sukses! (Pendidikan Indonesia)
loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==