Pemerintah Impor Jeroan, Mahasiswa IPB Gelar Aksi Tolak Pelemahan Peternak

Mahasiswa News | Bak lagu lama yang tak pernah usai, polemik impor daging di Indonesia senantiasa kembali mencuat selama momen ramadhan dan lebaran. Menjelang lebaran Idul Fitri 2016, Presiden Jokowi menargetkan harga daging di pasaran tidak boleh melebihi Rp 80.000. 

Demi mencapai target harga daging ‘murah’ tersebut, pemerintah melakukan berbagai upaya di antaranya: merevisi dan mencabut peraturan perundangan yang dinilai menghambat investasi di bidang peternakan, membuka keran impor seluas-luasnya, mencabut larangan peredaran daging beku di pasar tradisional, serta keputusan untuk mengimpor jeroan.

Akan tetapi upaya yang dilakukan pemerintah ini belum mampu menurunkan harga daging sesuai target. Kegagalan ini berujung pada pemecatan Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) Kementerian Pertanian Republik Indonesia, sebagai pihak yang dianggap ‘bertanggung jawab’ atas kegagalan tersebut.

Mahasiswa IPB Gelar Aksi Tolak Pelemahan Peternak


Mendasari hal tersebut sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa - Keluarga Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (BEM KM IPB) menggelar aksi Tolak Pelemahan Peternak di depan gedung Kementerian Pertanian Republik Indonesia Kamis, (28/7/2016). Dalam aksi masa yang mengusung hashtag #KamisBersamaMentan ini, mahasiswa menyuarakan penolakannya terhadap upaya revisi UU No.41 Tahun 2014 dan Permentan No.58 Tahun 2015 oleh pemerintah yang dianggap sebagai salah satu upaya pelemahan usaha peternakan rakyat.

Menanggapi aksi yang dilakukan oleh mahasiswa tersebut, pihak Kementan mengundang perwakilan mahasiswa untuk melakukan audiensi. Audiensi ini diwakili oleh sekitar 20 orang pegawai dari masing-masing Direktorat Jenderal yang ada di Kementerian Pertanian Republik Indonesia. “Kami berharap dapat bertemu langsung dengan Menteri Pertanian, sebab ada kajian dan pertanyaan yang ingin kami sampaikan dan tanyakan langsung pada Pak Menteri”, tegas Danang selaku Presiden Mahasiswa BEM KM IPB. Menjawab permintaan mahasiswa ini, Drh. Agung selaku juru bicara perwakilan Kementan menyampaikan bahwa hasil audiensi yang dilakukan dengan mahasiswa saat itu akan disampaikan langsung kepada Menteri Pertanian. (Qie)

Selanjutnya : Unjuk Rasa Di Depan Kantor Kementan, Mahasiswa IPB Berhasil Temui Menteri Pertanian
loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==