Ini Jurusan-Jurusan Mahal di UGM, Dengan Bayaran Puluhan Juta per Semester

Mahasiswa News | Setiap jurusan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) memiliki kisaran biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang berbeda-beda. Beberapa jurusan termasuk kelompok biaya UKT mahal.


Fakultas Kedokteran UGM


Di Univeristas Gadjah Mada (UGM), misalnya, ada beberapa program studi dengan biaya UKT cukup menguras isi kantong. Bahkan, besarnya bisa mencapai Rp20 jutaan per semesternya untuk jenjang Sarjana (S-1).

Dikutip dari data UKT UGM tahun ajaran 2016/2017, jurusan termahal pada kelompok prodi Saintek di UGM ada di Fakultas Kedokteran (FK). Mahasiswa jurusan Pendidikan Dokter dibebankan biaya kuliah Rp22,5 juta per semesternya.

Sedangkan untuk jurusan Pendidikan Dokter Gigi, mahasiswa perlu merogoh kocek Rp20 juta. Biaya kuliah di jurusan Kedokteran Hewan FK UGM juga terbilang mahal, dengan UKT mencapai Rp10 juta per semester.

Selain Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik (FT) juga menjadi fakultas lainnya di UGM dengan biaya UKT tinggi. Pada jurusan Teknik Elektro (TE), biaya UKT tertinggi mencapai Rp10,9 juta per semester.

Biaya tersebut juga sama dengan jurusan teknik lainnya seperti jurusan Teknik Industri, Teknik Kimia,Teknik Mesin sampai Teknologi Informasi.

Biaya kuliah mahasiswa jurusan teknik lainnya seperti Teknik Fisika, Teknik Geodesi, Teknik Geologi dan Teknik Nuklir sedikit lebih murah. Setiap semester, mahasiswa membayar Rp10 juta.

Sementara itu, di kelompok Soshum, jurusan dengan UKT termahal di UGM adalah jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota yang mencapai Rp10 juta per semester.

Sedangkan mahasiswa jurusan Soshum lainnya seperti Akuntansi, Ilmu Tanah, Manajemen Sumber Daya Perikanan sampai Manajemen harus menguras kantong sampai Rp9 juta per semester.

loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==