Cek Biaya Kuliah Teknik di Kampus Negeri Top!

Mahasiswa News | Teknik menjadi salah satu bidang favorit yang dipilih mahasiswa untuk melanjutkan studi di jenjang pendidikan tinggi. Di Indonesia, berbagai kampus, baik negeri maupun swasta menyediakan fakultas teknik yang terdiri beragam program studi.

Insitut Teknologi Bandung (ITB) dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menjadi dua kampus negeri yang menjadi incaran calon mahasiswa teknik. Kualitas lulusannya pun tak perlu diragukan lagi. Lantas, berapa biaya kuliah di dua kampus top tersebut?

Foto: Ilustrasi (Shutterstock)


Sama seperti kampus negeri lainnya, baik ITB maupun ITS memberlakukan uang kuliah tunggal (UKT) yang dibayarkan di setiap semester. Dilansir dari laman ITB, besaran UKT untuk fakultas atau non-Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) adalah Rp10 juta per semester. Sedangkan biaya pendidikan untuk SBM, yakni Rp20 juta per semester.

Jumlah biaya tersebut tentu sangat tinggi. Namun, bagi para mahasiswa yang memerlukan bantuan biaya pendidikan dan memenuhi kriteria yang ditentukan, ITB menyediakan bantuan biaya pendidikan yang disesuaikan dengan kemampuan ekonomi orangtua mahasiswa. ITB sendiri mulai 2011 hanya menerima mahasiswa baru program sarjana melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Sedangkan untuk biaya kuliah atau UKT di ITS terdiri atas tujuh kategori yang disesuaikan dengan kemampuan ekonomi orang tua mahasiswa. Besaran UKT untuk jalur SNMPTN dan SBMPTN relatif sama, yakni untuk kategori satu atau termurah adalah Rp500 ribu, dan kategori tujuh atau termahal senilai Rp7,5 juta per semester.

Biaya tambahan selain UKT tertinggi juga akan dibebankan bagi mahasiswa ITS yang masuk melalui jalur mandiri. Sebab, di semester awal mereka wajib memenuhi Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI). Besarannya berbeda antarprogram studi. Namun, yang termahal senilai Rp45 juta. Khusus bagi mahasiswa Program Studi Double Degree Marine Engineering atau Double Degree Teknik Sistem Perkapalan, mereka harus membayarkan biaya sebesar Rp19,7 juta pada semester pertama dan Rp17,5 juta pada semester berikutnya.

Sementara di kampus negeri top lainnya, seperti Universitas Gadjah Mada (UGM), biaya kuliah teknik kategori termahal mencapai Rp10 juta per semester. Tak jauh berbeda, Universitas Airlangga (Unair), juga mematok harga termahal, yaitu Rp11 juta per semester untuk program studi sistem informasi. Biaya rata-rata kuliah teknik teringan ada di Universitas Hasanuddin, yakni Rp5,5 juta per semester untuk golongan UKT tertinggi. 



Sumber: Okezone
loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==