Sandal Beraplikasi Android Karya Mahasiswa ITS

Mahasiswa News | Sandal android ajaib ini adalah karya dari 5 mahasiswa kreatif Institut Tehnologi Surabaya yang dinamai sandal santun. Sandal yang berbasis android ini ditujukan untuk para penyandang tuna netra agar mereka dapat berjalan seperti orang normal tanpa bantuan orang lain maupun tongkat. Wow, sangat bermanfaat dan unik sekali ya, lalu bagaimana cara kerjanya?

Dilansir dari website resmi ITS sandal berbasis handphone ini adalah hasil modifikasi sandal yang empuk, sehingga sensor berbasis android dapat ditanam di dalamnya. Di dalam Santun, tertanam sensor jarak tipe HC-SR04 dan mikrokontroler.

“Kami memang tidak membuat sandal sendiri, tetapi kami beli sandal yang sudah ada di pasaran, lalu kami lubangi untuk meletakkan sensor dan mikrokontroler sekaligus bluetooth, serta baterai berukuran kecil sebagai pemasok energy,” kata ketua Tim Santun ini.

Sandal Android Ajaib Karya Mahasiswa ITS


Ria yang merupakan ketua tim ini juga menyebutkan, pada bagian kiri dan kanan diletakkan sensor jarak tipe HC-SR04 yang bisa mendeteksi rintangan hingga jarak 5 meter. Sensor ini akan menginformasikan pengguna lewat suara di gadget android yang sudah terpasang untuk berhati-hati jika di kiri atau kanan terdapat rintangan.

Dari produk yang mereka kembangkan ini, besar harapan mereka untuk membantu para penyandang tunanetra khususnya di Indonesia agar dapat hidup mandiri dan berkarya dengan bebas. Produk yang mereka hasilkan saat ini hanya membutuhkan modal sekitar 1 juta rupiah, hanya sebagian kecil dari dana yang diberikan oleh DIKTI.

Rencana mereka kedepannya ingin menyederhanakan bahan dan modal pembuatan, agar produk ini dapat dijangkau seluruh lapisan masyarakat. Mengingat penyandang tunanetra di Indonesia tidak hanya berasal dari kalangan masyarakat ekonomi kelas atas saja.

Nah, unik sekali dan sangat menginspirasi ya! Semoga semakin banyak karya anak bangsa yang bermanfaat bagi masyarakat kecil seperti ini. Jika kalian ada kritik, saran, maupun komentar bisa kalian kirim melalui kolom komentar di bawah ini ya, sukses selalu!
loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==