Ini Langkah Selanjutnya Saat Kamu Lulus SBMPTN 2016

Mahasiswa News | Selamat bagi alumni SMA dan sederajat yang lulus Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016! Dengan keberhasilan tersebut, artinya kamu sudah tercatat sebagai calon mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri (PTN) pilihanmu.

Setelah bersuka cita, bukan berarti lantas santai-santai. Sebab, pascapengumuman hasil SBMPTN 2016, ada tahapan selanjutnya yang harus dilakukan hingga kamu dinyatakan resmi masuk ke PTN tersebut.




1. Cetak bukti kelulusan
Dibutuhkan atau tidak, usahakan kamu mencetak dan menyimpan bukti kelulusanmu tersebut. Bukti lulus SBMPTN 2016 itu menjadi dokumen yang penting, apalagi saat daftar ulang atau masa orientasi mahasiswa baru nanti.

2. Cek laman kampus
Begitu hasil SBMPTN 2016 diumumkan, segera cek laman PTN yang menerimamu. Lihat jadwal dan proses registrasi mahasiswa baru. Perhatikan apakah ada formulir online yang harus dilengkapi atau tidak. Biasanya, formulir online tersebut bertujuan untuk menentukan kelompok Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang diumumkan saat verifikasi nanti.

3. Siapkan dokumen
Lulus SBMPTN 2016 tidak langsung menjadikanmu mahasiswa di PTN penerima. Masih ada proses daftar ulang. Karena itu, mulai siapkan dokumen yang dibutuhkan untuk proses registrasi. Jika ijazah atau SKHUN-mu belum dilegalisasi, segera urus di sekolah masing-masing. Sedangkan beberapa dokumen yang biasanya diminta, yakni Kartu Keluarga (KK), akta kelahiran, pas foto, slip gaji orangtua, rekening listrik, dan lain sebagainya.

4. Verifikasi ke kampus
Usai pengumuman hasil SBMPTN 2016, PTN yang bersangkutan akan meminta calon mahasiswa baru langsung datang ke kampus untuk melakukan daftar ulang. Jangan lupa bawa semua kelengkapan berkas yang dibutuhkan. Pada tahap ini, akan dilakukan juga pemeriksaan kesehatan.

5. Berpenampilan rapi
Saat datang langsung ke kampus untuk daftar ulang, gunakan pakaian yang rapi. Gunakan kemeja berkerah dan sepatu. Selain itu, jagalah ketertiban lantaran di sana akan banyak calon mahasiswa yang lulus SBMPTN 2016 melakukan proses serupa.

Terus kunjungi mahasiswanews ya Sobat karena akan ada informasi menarik seputar SBMPTN 2016 dan informasi paling update seputar mahasiswa dan kampus.  Kalau sobat punya pengalaman seputar SBMPTN, boleh lho di share di kolom komentar. Semoga bermanfaat!
loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==