Peduli Kerapian Kamar, Ini Tips Membersihkan Kamar Kos

Mahasiswa News | Apa kamu tau kondisi kamar kos yang kotor akan mengganggu konsentrasi belajar?
Rutinitas kuliah atau sekolah tiap hari pastinya menyita waktu, bahkan rata-rata waktu yang digunakan untuk pelajar atau mahasiswa sebagian besar dihabiskan di sekolah dan sisanya digunakan di rumah atau kos untuk kembali belajar menyelesaikan tugas dan belajar untuk ujian dan setelah itu mereka langsung terlelap. Apakah sempat seorang anak kos membersihkan kamar mereka?

Tidak ada yang tidak mungkin selagi kita mempunyai niat dan berusaha. Membersihkan kamar kos tidaklah susah dan tidak akan menyita waktu kalau kamu membersihkannya secara rutin.  Karena jika kamar kos berantakan serta memiliki bau tidak enak
dan kotor itu akan membuat kita untuk menyediakan tenaga dan konsentrasi ekstra untuk berlajar. Manfaat membersihkan kamar sendiri memiliki manfaat untuk menjernihkan pikiran, apalagi untuk seorang mahasiswa, mereka lebih membutuhkan konsentrasi dan harus fokus dalam belajar. Maka dari itu, sempatkanlah waktu untuk merapikan kamar kos karena kamar tersebut tak hanya untuk tempat tidur saja, tapi tempat untuk kamu belajar dan menjalani semua aktifitasmu.








 

Ini dia beberapa cara mudah membersihkan kamar kos kamu :

1. Jika tak punya banyak waktu, aturlah jadwal rutin membersihkan kamar pada hari minggu pagi-pagi sekali

 
Minggu memang hari yang paling tepat untuk berlibur tapi hari Minggu juga merupakan waktu yang tepat untuk kamu mempersiapkan apa yang akan kamu kerjakan di hari-hari selanjutnya. Mulailah membuat daftar pekerjaan dan kalau bukan hari hari Minggu kapan lagi kamu akan membersihkan kamar kos? Jangan biarkan waktumu terbuang sia-sia hanya untuk bermalas-malasan dan larut dalam mimpi panjangmu di hari Minggu. Segeralah bergerak dan mulailah berbuat sesuatu untuk kemajuan dirimu. No more mager in Sunday again!

2. Mulai Menyusun Daftar Lagu yang Ada di Ponsel untuk Menemanimu Selama Proses Bersih-bersih Kamar Kos


Agar acara bersih-bersih kamarmu tidak membosankan, susunlah daftar lagu sebagai teman setiamu yang membuatmu lebih bersemangat membersihkan kamar. Karena membersihkan kos membutuhkan waktu yang lama maka kamu harus menambahkan lagu yang banyak dalam playlist.

3. Bukalah ventilasimu agar sirkulasi udara lancar


Dengan ventilasi udara yang terbuka maka sirkulasi udara akan makin lancar dan ruanganmu tidak akan terasa lembab atau pengap. Apabila bila kamu sedang bersih-bersih, tentunya banyak debu yang beterbangan di kamar, jika kamu tidak segera membuka ventilasi maka dijamin kamu akan bersin-bersin. Kamar tanpa atau dengan ventilasi yang amat minim akan membuat kamar cepat lembab dan tidak baik bagi kesehatan kamu.
Jika ada ventilasi dalam kamar kamu, jangan tutup dengan kertas dan tidak membiarkan udara tidak bisa masuk. Sebaiknya gunakan kasa maupun bahan semacamnya yang tetap dapat membuat sirkulasi udara tetap lancar.
Untuk kamar ber-AC, kamu dapat membuka pintu maupun jendela sesekali waktu untuk sirkulasi udara yang optimal. Tanpa udara segar yang masuk ke kamar, masalah yang timbul selain pada kesehatan kita adalah kamar yang mudah berjamur.

4. Mulailah mengenali kamarmu agar kamu Harus Bisa Menentukan bagian Mana yang Paling Parah

 
Sebagai seorang penghuni kamar, kita pasti tau bagaimana kondisi kamar dan tau harus dari sudut mana kita membersihkan kamar. Maka pilihlah sudut yang menurutmu paling berantakan dengan hal itu kamu tak perlu bekerja berulang kali. Lakukan pekerjaan satu per satu sampai selesai.

5. Kumpulkan sampah yang berserakan pada suatu plastik 

 
Ketika kamu sudah tau sudut mana yang harus dibersihkan dahulu maka mulailah memunguti sampah yang berserakan dan buanglah ke plastik yang sudah kamu siapkan. Sampah tak hanya berupa bungkus makanan atau kertas saja, barang-barang yang sudah tidak terpakai lebih baik dibuang atau simpanlah ke satu tempat tersendiri. Perlu diingat, jangan pernah menimbun apa yang kamu temukan karena itu akan membuat kamar kosmu penuh dengan barang-barang yang tidak kamu pakai.

6. Jika banyak pakaian dan barang berserakan, kumpulkan dahulu, rapikan dan tempatkan pada satu tempat tersendiri

 
Apabila kamu selesai mencuci namun tidak sempat melipat dan memasukkannya ke dalam lemari, kumpulkanlah pakaianmu ke dalam satu wadah dan lebih baik kamu melipatnya juga.  Jika lemarimu tidak berantakan maka langsung masukkan ke dalam lemari, tetapi jika berantakan juga, maka taruhlah dalam wadah dan sisihkan ke salah satu sudut kamar yang kosong dan tutuplah wadah tersebut agar tidak terkena debu.

7. Mulailah membersihkan bagian atas dan menyingkirkan debu dari atas lemari

 
Jika barang-barang yang berserakan itu sudah mulai tidak memenuhi kamarmu, maka mulailah membersihkan kamar. Mulailah dari atas lemari dan langit-langit kamar dari debu dan sarang laba-laba dan jangan lupa pakailah masker agar kamu tidak bersin-bersin. Sebab jika kamu mulai membersihkan bagian lantai terlebih dahulu dan melanjutkan membersihkan bagian atas, kamu harus bekerja dua kali membersihkan lantai yang kotor lagi akibat debu dari atas.

8. Sesuaikan posisi perabotan dengan luas kamar dan atur barangmu agar tersusun rapi

 
Kelompokkan barang-barang sesuai jenisnya, misalnya buku, tumpuklah buku pada suatu tempat dan lebih baik ditumpuk sesuai ukurannya. Kemudian pisahkan area buku, peralatan makan, tas, sepatu, hingga barang-barang kecil lainnya seperti produk perawatan tubuh. Untuk membuat kamar kecil terasa lapang, kamu juga dapat memanfaatkan space untuk merapikan barang, seperti memiliki rak yang cukup memiliki banyak tempat untuk meletakkan barang. Space di bawah tempat tidur juga dapat berfungsi untuk meletakkan koper dan di dalam koper anda juga dapat memasukkan tas-tas yang jarang dipakai. Dengan merapikan barang, selain kamar anda menjadi lebih nyaman, hal ini juga dapat memudahkan anda ketika sedang mencari suatu barang.


Setelah semua mulai bersih, aturlah posisi barang-barangmu, tatalah sedemikian rupa sehingga tidak banyak memakan tempat. Simpan perabotan kamu di tempat yang sesuai, misalnya kamu bisa meletakkan disfenser di samping lemari, berdampingan dengan kulkas, meletakkan rak buku di samping tempat tidur, dan lain lain. Di sini di butuhkan skil kamu dalam menata ruangan kamu sehingga tidak tampak sempit.

9. Pisahkan Barang yang Sering di Pakai dengan yang Jarang di Pakai

 
Pisahkan barang barang yang sering kamu pakai dengan barang barang yang jarang di pakai.  Kumpulkan barang yang jarang kamu pakai pada suatu tempat. Apalagi jika barang itu sudah sangat jarang di gunakan, sebaiknya simpan dalam kardus, sehingga tidak mengganggu pemandangan. Perhatikan pula kabel kabel elektronik di kamar kamu, jangan sampai berantakan dan mengganggu pemandangan. Terutama charger handphone maupun laptop kamu, biasanya di kamar kost barang seperti itu selalu berantakan.

10. Manfaatkan Ruang Dinding yang Kosong

 
Apabila rak dan lemarimu sudah penuh dan tak ada tempat lain untuk menyimpan barang-barang kecil maka kamu bisa menyiapkan rak gantung di dinding yang kosong. Tetapi angan menggantung pakaian di dinding karena itu akan mengganggu pemandangan. Kamu bisa menggantung pakaian kamu di belakang pintu, atau pun di kamar mandi. Sedangkan dinding kosong yang lain bisa kamu isi dengan poster-poster atau memajang foto-foto tetapi jangan berlebihan.

11. Dekorasi Kamar

 
Agar kamu lebih nyaman berada di kamarmu, kamu juga perlu mendekorasi kamar sesuai dengan keinginan. Dekorasi tersebut bisa kamu beli atau kamu membuatnya sendiri dari barang-barang bekas.

Jika semua tips membersihkan kamar kos sudah kamu lakukan, maka biasakanlah membersihkan kamar secara rutin. Jika ada bagian kamar yang berantakan maka segera bereskan, baik barang-barang, meja belajar atau meja rias.


(hipwee)
loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==