Manfaat Praktek Kerja Lapangan Bagi Mahasiswa

Baca Cepat show

Selamat Datang, Sobat Mahasiswa Baru Dan Lama!

Manfaat Praktek Kerja Lapangan atau biasa disebut PKL, merupakan salah satu bentuk kegiatan pembelajaran yang sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh mahasiswa. Kegiatan ini memungkinkan mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman langsung dalam dunia kerja yang berkaitan dengan bidang studinya secara praktis. Dalam artikel ini, akan dibahas secara mendalam mengenai manfaat PKL bagi mahasiswa, mulai dari kelebihan, kekurangan, hingga tips sukses menjalani PKL.

Apa Saja Kelebihan dari Praktek Kerja Lapangan Bagi Mahasiswa?

Setelah melalui rangkaian tahapan seleksi dan persiapan, akhirnya mahasiswa diberi kesempatan untuk mengikuti PKL di instansi atau perusahaan yang telah ditunjuk. Tak hanya sekadar menimba pengalaman, PKL juga memberi banyak manfaat untuk perkembangan karier dan kehidupan pribadi mahasiswa. Berikut adalah beberapa kelebihan dari PKL:

1. Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan

PKL membantu mahasiswa untuk mengaplikasikan teori yang telah dipelajari di kampus ke dalam kegiatan sehari-hari di tempat kerja. Hal ini memungkinkan mahasiswa untuk mengetahui secara langsung bagaimana pengoperasian di lapangan bekerja dengan cara yang benar. Selain bisa mempraktikan cara kerja yang diuraikan dalam tiap mata kuliah, mahasiswa juga bisa memperbaiki cara yang kurang tepat agar terjalin interaksi baik antara mahasiswa dan para ahli atau mentor di dunia kerja.

2. Membangun Jaringan Pertemanan dan Koneksi

PKL memungkinkan mahasiswa untuk bertemu dengan banyak orang baru dan memperluas jaringan pertemanan. Hal ini tentu akan sangat bermanfaat di masa depan ketika mahasiswa akan mencari pekerjaan setelah lulus kuliah. Selain itu, mahasiswa juga bisa mendapatkan mentor yang akan menuntun mereka dalam mengambil keputusan atau memecahkan masalah di tempat kerja nantinya.

3. Memperoleh Pengalaman Kerja

PKL memungkinkan mahasiswa untuk memperoleh pengalaman kerja sebenarnya, sehingga dapat memperkirakan tantangan dan kebutuhan yang harus mereka hadapi setelah lulus kuliah. Dengan mengetahui cara kerja, sistem kerja, standar penilaian kinerja, dan lain-lain, mahasiswa akan lebih siap untuk menghadapi tantangan di masa depan.

4. Meningkatkan Keterampilan Sosial

PKL membantu mahasiswa meningkatkan keterampilan sosial, mengembangkan kepribadian, dan meningkatkan kepercayaan diri. Melalui PKL, mahasiswa juga belajar berbicara dengan orang yang berbeda, memperluas pikiran, serta bisa lebih penyesuaian dengan berbagai lingkungan kerja.

5. Memperoleh Pengakuan sebagai Mahasiswa

Pengakuan adalah faktor penting yang dituntut oleh setiap mahasiswa yang memulai karirnya. Melalui kegiatan PKL, mahasiswa memperoleh kesempatan untuk menunjukkan kemampuan dan keahlian di sebuah perusahaan atau institusi tertentu. Hal inilah yang memungkinkan mahasiswa untuk diberikan pengakuan serta kesempatan untuk melanjutkan karir di masa depan.

6. Menambah Penghasilan

Baik instansi atau perusahaan tempat mahasiswa melakukan PKL, biasanya memberi mahasiswa uang saku setiap bulannya. Tentunya, ini akan menjadi sumber penghasilan tambahan bagi mahasiswa, terlebih pada masa kuliah dimana kebutuhan akan uang terkadang sangat besar.

7. Meningkatkan Kualitas Tulisan

PKL memungkinkan mahasiswa untuk mencoba memasukkan keyakinan melalui tulisan-tulisan yang dia buat, seperti laporan kerja, atau artikel/berita tentang hal yang sedang muncul dalam industri/versi mahasiswa. Membuat tulisan akan memberikan banyak keuntungan bagi mahasiswa, salah satunya adalah meningkatkan kualitas tulisan.

Apa Saja Kekurangan dari Praktek Kerja Lapangan Bagi Mahasiswa?

Tidak hanya memiliki kelebihan, namun PKL juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Tidak Sesuai dengan Minat

Terkadang mahasiswa melakukan PKL di bidang yang tidak sesuai dengan minatnya, namun terpaksa harus melakukannya karena terbatasnya pilihan instansi atau perusahaan yang bisa ditempatinya. Hal ini bisa menimbulkan rasa tidak cocok, tidak nyaman, dan minimnya semangat belajar dalam melakukan tugas yang diberikan.

2. Proses Seleksi yang Ketat

Banyak instansi atau perusahaan yang tempat PKL mempunyai proses seleksi yang ketat, sehingga banyak mahasiswa yang harus bersaing dengan banyak sekali calon mahasiswa lainnya. Hal tersebut tentu memerlukan persiapan yang matang jika ingin berhasil lolos seleksi

3. Tidak Adanya Gaji atau Imbalan

Beberapa instansi atau perusahaan yang mnampingi mahasiswa dalam melakukan PKL, kurang memberikan keuntungan finansial kepada mahasiswa. Hal ini menyebabkan mahasiswa kurang termotivasi dalam melakukan tugas yang diberikan, karena tidak adanya gaji atau imbalan yang signifikan.

4. Kesulitan dalam Beradaptasi

PKL seringkali dihadapi dengan lingkungan yang baru dan organisasi yang berbeda, mahasiswa kadang mengalami masalah dalam beradaptasi dengan lingkungan dan kebiasaan kerja yang berbeda. Hal ini bisa menghambat kemajuan mahasiswa dalam memahami seluk beluk organisasi.

5. Waktu yang Terbatas

Di dalam PKL, mahasiswa diberikan batas waktu tertentu, dimana ada banyak tugas dan pekerjaan yang harus diselesaikan sebelum batas waktu yang ditentukan berakhir. Oleh karena itu, banyak mahasiswa yang merasa sedikit kurang nyaman dengan waktu yang terbatas untuk bekerja.

6. Selalu Terpengaruh dari Lingkungan

Dalam PKL, mahasiswa yang melakukan PKL berada dalam lingkungan yang sangat berbeda dengan lingkungan di perguruan tinggi. Beberapa mahasiswa mungkin akan merasa tidak nyaman atau stres karena merasa tertekan oleh bagaimana lingkungan dengan orang-orang di sekitar mereka.

7. Perasaan Kegelisahaan

Ketika tiba saatnya untuk mengikuti PKL, perasaan kegelisahaan datang dan bergelora dalam diri mahasiswa. Kebanyakan mahasiswa merasa takut bahwa mereka tidak bisa menyesuaikan diri, takut tidak bisa memenuhi tugas, dan takut mereka tidak bisa berkontribusi dengan manfaat yang seharusnya mereka berikan untuk perusahaan atau instansi sebagaimana yang ditugaskan.

Tips Sukses Menjalani Praktek Kerja Lapangan

Berikut beberapa tips yang dapat membantu mahasiswa untuk sukses menjalani PKL:

1. Kenali Minatmu

Pertama-tama, mahasiswa harus mengenali terlebih dahulu minatnya dalam menentukan perusahaan atau instansi mana yang akan dipilih untuk melakukan PKL. Hal ini juga akan membantu mahasiswa untuk menjalankan PKL tanpa rasa dipaksa.

2. Persiapkan Diri Dengan Baik

Sebelum melakukan PKL, mahasiswa haruslah mempersiapkan diri secara matang, baik persiapan mental, fisik, maupun pengetahuan yang sudah diujung kebagian. Hal ini membantu mahasiswa untuk memulai kegiatan PKL dengan lebih mudah.

3. Selalu Bertanya dan Berdiskusi

Dalam menghadapi kesulitan saat melakukan aktivitas PKL, mahasiswa diharapkan untuk selalu bertanya dan berdiskusi dengan orang-orang disekeliling serta mengambil inisiatif dalam memberikan solusi.

4. Jangan Takut Bertanggung Jawab

Selama melakukan PKL, mahasiswa harus dapat menunjukkan tanggung jawab pada tugas yang diberikan. Hal ini juga membantu mahasiswa untuk dikenal oleh para mentor serta meningkatkan kualitas kerja.

5. Raihlah Pengalaman Baru

Mahasiswa diharapkan untuk aktif dalam mencoba pengalaman baru, mengambil peran aktif dalam lingkungan, sampai menambah kapasitas kegiatan yang dijalani selama PKL.

6. Berkomunikasi dengan Baik

komunikasi adalah bagian penting di lingkungan kerja. Mahasiswa harus mampu berkomunikasi dengan baik, serta memperbaiki cara berbicara dalam situasi kerja yang tepat, agar diingat dan dihargai oleh semua orang di lingkungan kerja.

7. Selalu Kembangkan Keahlian

Pada saat melakukan PKL, mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan keahlian dan mendapatkan pengalaman kerja. Hal ini dapat dihasilkan dengan mengambil banyak latihan dan training yang disediakan oleh perusahaan atau institusi.

Tabel: Informasi Lengkap tentang Manfaat Praktek Kerja Lapangan

No Informasi Deskripsi
1 Apa itu PKL? Penjelasan singkat mengenai apa itu PKL dan pentingnya bagi perkembangan mahasiswa.
2 Bagaimana Cara Melakukan PKL? Penjelasan langkah-langkah untuk melakukan PKL di perusahaan atau instansi yang telah ditunjuk.
3 Bagaimana Melihat Peluang PKL? Cara untuk menentukan peluang PKL di perusahaan atau institusi yang tepat.
4 Apa Sih Tujuan Dari PKL? Penjelasan tentang tujuan melakukan PKL bagi mahasiswa.
5 Bagaimana Memberikan Nilai Tambah untuk Perusahaan Kita? Cara untuk melakukan tugas yang diberikan dengan maksimal serta memberi nilai tambah bagi perusahaan atau institusi di tempat mahasiswa melakukan PKL.
6 Bagaimana Memilih Perusahaan yang Tepat? Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum memilih tempat PKL yang benar-benar bisa memaksimalkan potensi mahasiswa.
7 Bagaimana Melakukan PKL di Atas Kertas? Penjelasan mengenai alternatif PKL yang dapat dilakukan di bidang kepenulisan, di saat pandemi dimana sulit untuk melakukan PKL secara langsung di perusahaan yang ditunjuk.

Frequently Asked Questions (FAQs)

1. Sampai kapan waktu ideal untuk melakukan PKL?

PKL biasanya dilakukan pada semester genap, namun biasanya pilihan ini banyak tergantung pada aturan di kampus atau fakultas

2. Apa saja persiapan yang harus dilakukan sebelum PKL?

Persiapan yang harus dilakukan salah satunya mengevaluasi diri, menentukan proyek yang ingin dilakukan, mempersiapkan mindset, dan memilih perusahaan atau institusi yang sesuai dengan minat alumni.

3. Apa saja hal yang harus diperhatikan saat melakukan PKL?

Hal yang harus diperhatikan saat melakukan PKL adalah menjalin relasi dan networking dan mempersiapkan laporan kerja yang harus disertakan ke dalam buku PKL.

4.Lebih baik PKL di perusahaan besar atau kecil?

Tentu saja memilih perusahaan besar memliki kelebihan ketimbang perusahaan kecil, namun kerap kali menjadi alasan bahwa perusahaan besar lebih ketat sehingga mempunyai pertimbangan terbatas dalam pada penerimaan mahasiswa yang akan melaksanakan PKL.

5. Apakah akan mudah memulai karir setelah melakukan PKL?

Tidak ada jaminan mahasiswa langsung mendapatkan pekerjaan setelah PKL. Namun semakin banyak menambah pengalaman dengan PKL akan lebih membuka peluang untuk mendapatkan lowongan kerja.

6. Berapa lama biasanya durasi PKL di tempat kerja?

Tidak ada waktu yang tepat, tergantung pada kebijakan perusahaan maupun aturan di kampus/fakultas setempat.

7. Apakah mahasiswa mendapatkan gaji dari institusi atau perusahaan tempat melakukan PKL?

Perusahaan atau institusi biasanya menyediakan dana saku atau pelbagai uang makan, namun tidak tersedia imbalan finansial yang serupa dengan pekerjaan tetap.

8. Apakah mahasiswa diberikan cuti selama melakukan PKL?

Tidak ada ketentuan cuti khusus bagi mahasiswa saat melakukan PKL.

9. Apakah diharapkan mahasiswa mengerjakan proyek yang se

Tinggalkan komentar